Mohon tunggu...
Satria Yudha Irianto
Satria Yudha Irianto Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

deep conversations with someone who understand you is everyting-

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Hutan Wisata: Mendalami Keindahan Gunung Malabar

28 Maret 2024   16:25 Diperbarui: 28 Maret 2024   16:26 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
indonesia.tripcanvas.co 

Gunung Malabar, yang terletak di kawasan Bandung Selatan, adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman alam yang luar biasa. Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan, Pangalengan berada lebih dari 1.400 mdpldan terdapat jalan setapak perkebunan dan pondok pertanian serta sesekali warung yang mengarah ke lereng bukit menuju Puncak Besar setinggi 1.900m. Gunung Malabar memiliki pesona tersendiri bagi para pecinta alam dan pendaki. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang keindahan dan daya tarik Gunung Malabar.

Lokasi dan Keunikan

Gunung Malabar terdiri dari beberapa puncak, termasuk Gunung Wayang, Gunung Puntang, dan Gunung Batu. Namun, puncak yang paling menonjol adalah Gunung Puntang. Dengan ketinggian 2.220 meter di atas permukaan laut, Gunung Puntang menawarkan pemandangan eksotis yang memukau. 

Gunung Malabar memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Masih banyak hal mengenai Gunung Malabar selain lokasi dan ketinggiannya. Berikut fakta menarik dari keunikan Gunung Malabar.

1. Identik Sebagai Perkebunan Teh

Gunung Malabar identik dengan perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha. Hal ini lantaran gunungnya memang dikelilingi oleh perkebunan teh terbesar di Jawa Barat.

Dulunya juga terdapat stasiun pemancar Radio Malabar di sini yang terkenal di dunia pada masa kolonial. Namun yang tersisa saat ini hanyalah beberapa tembok batu yang runtuh.

2. Asal-usul Nama Gunung Malabar

diambil dari pantai Malabar di India dan tradisi serta budaya Hindu masih kuat di kawasan ini. Puncak tertinggi dikenal sebagai Puncak Besar dan sebenarnya sangat mudah dijangkau dari Pangalengan yang terletak di sebelah selatan pegunungan. 

3. Pemandangan Gunung Lain di Puncak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun