BKO
BKO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hanya seseorang yang Menyukai sebuah petualangan

Cerbung

DIKLATSAR EPS 1

28 Juni 2023   23:42 Diperbarui: 28 Juni 2023   23:53 63
Cerbung. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Yuri B

Sebuah Perjalan Panjang yang membawah pada Perubahan Mental, "kompak, terdidik, Terlatih". Pada pagi yang di awali dengan doa memohon keselamatan untuk petualangan Besar, saya beserta kawan Fatma dan Yusuf.

kami merupakan seorang peserta Diksar di Sebuah KPA ( Kelompok Pecinta Alam). sebuah mobil bak telah tiba pertanda bahwa saatnya untuk berangkat ke Lokasi Base camp, Menaikan semua barang keperluan, mulai dari logistik selama seminggu, perlengkapan materi, Tas carrier Yang di isi Barang Pribadi. Mobil berangkat dengan kecepatan Normal, sementara di perjalan cuaca mendung hingga akhirnya Hujan pun Turun, seperti Ribuan Jarum menyerang di wajah.

Terpal di bentangkan untuk Atap bak Mobil, suara tawa kawan-kawan ku tak membawah perasaan tenang di Pikiranku. Tiba-tiba Mobil berhenti di tengah jalan, kami diturunkan dengan tas Carrier pribadi di temani dua orang panitia.
"Perhatian nya kepada peserta, untuk bersiap melakukan Long Mars" Kata Panitia Selaku Korlap. Berbaris berjejer saya di posisikan sebagai Swiper (posisi paling belakang) di jelaskan tentang tugas tiap-tiap posisi memberikan kami tanggung jawab atas diri kami serta kelompok, kalau tidak salah ingat kami berangkat Pukul 10 pagi.

Berjalan sambil bernyanyi untuk membangkitkan semangat, menyusuri tepi jalan yang ramai oleh kendaraan, pasti ada saja orang yang menyapa atau sekedar melempar senyum dan Kata "Semangat". Kami Tiba Pukul 3 di lokasi Pemberhentian sebelum akhirnya Masuk kedalam Mulut Belantara. Kami beristirahat dan sholat Ashar kemudian Tidur sebentar. Tiba-tiba terbangun karna kaget, Yusuf menggoyangkan bahuku sembari memberi kode " Tangan yang mengarah ke mulut" Artinya makan. Kami bertiga akhirnya duduk melingkar sembari mengeluarkan logistik, saya masih dengan posisi terdiam memperhatikan mereka berbincang Tentang Perihal, "Apa yang akan kita Lakukan Untuk malam ini?". Masih menyimak dengan cermat Yusuf Mengatakan, " Kita akan Berpetualang, menambah ilmu, serta Praktek lapangan", Saya hanya ter senyum sedikit setuju tentang hal Tersebut. Fatmah yang seakan percaya dengan kata-kata Yusuf Melemparkan pertanyaan yang sedari Awal saya sudah punya Jawabannya, "apa benar di kegiatan ini akan ada Perpoloncoan serta sentuhan fisik"?, Yusuf dengan semangat menjawab, " Hahaha... tenang itu tidak akan terjadi, hukuman paling ringan adalah kita hanya akan jongkok  ". Mendengarkan keseriusan mereka itu, saya menjadi tidak semangat menjelaskan apa yang akan Mulai dari sini hingga kedepan nanti, Wajah mereka yang penuh semangat akan rasa penasaran tentang DIKSAR saya tidak bisa berterus terang takut membuat mereka jatuh semangat.

Adhan magrib terdengar lantang, mengambil wudhu mengsegerahkan sholat Berjamaah. Kami kembali berkumpul bersiap untuk masuk kedalam hutan mengiku Arahan Korlap, Berjalan berjejer mengeluarkan Head lamp. Sambil membayangkan Obrolan sore tadi, Akhirnya lokasi Camp terlihat juga. Kami dibawah agak menjauh dari lokasi Tenda panitia, untuk menghindari Obrolan rahasia.

Membuka isi Tas mengeluarkan tenda, Fly shet, parang, segera mensterilkan lokasi area camp Peserta. Semua sudah terpasang dengan baik, kami berbagi Tugas fatma memasak, Yusuf mecari kayu bakar, saya mempersiapkan perapian. Jadi selamah perjalanan Longmarch kami beberapa kali berteduh karna Hujan, jadi kayu bakar yang di siapakan kebanyakan masih Basah. Korlap yang memperhatikanku mencoba menyalahkan Api tidak juga menyalah, langsung mengambil Alih memberikan contoh menyalahkan Api dari kayu yang basah. Akhinya api Menyala dengan hangatnya, makanan sudah siap. Upacara pembukaan DIKSAR sudah akan di Mulai, berbaris memasuki lapangan basecamp dengan cahaya dari Obor membentuk lingkaran kami beradah di depan panitia kegiatan yang sedari tadi tak memberikan senyum mala sebaliknya. Sesi Pemberian Nama Lapangan pun Dimulai, 01 Gordam ( ornamen gua yang berbentuk Petakan Sawah ) di sematkan kepada Yusuf sebagai Leader, 02 Mount milk ( ornamen gowa yang berbentuk payudara ) disematkan kepada Fatmah, 03 Terminalia mantali ( nama latin dari pada Pohon Ketapang) di sematkan kepada saya.