Mohon tunggu...
Nurul Mahmudah
Nurul Mahmudah Mohon Tunggu... Guru - Generasi Sandwich Anak Kandung Patriarki

Si sanguinis yang sering dibilang absurd. Aku tukang rebahan yang berharap bisa memberikan perubahan untuk Negara.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Untuk Ibu: "Anakmu Sudah Bertumbuh"

24 Juli 2020   11:33 Diperbarui: 24 Juli 2020   11:29 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Nowie Shahabiyyah

Kiranya aku boleh memilih, aku tak akan pernah meminta dilahirkan. Semakin dewasa, perasaan menyesal kian sering menghampiri pikiranku.

Dalam ruang hening malam, perempuan ini lengah, tak berdaya pada setiap bait manuskrip hidup yang terasa menyudutkan setiap waktu.

Ibu,

Mungkin dulu aku merasa berharga saat menyaksikan engkau merawatku dengan baik, mendidikku, menjagaku, dan selalu menjadikanku primadona. Seolah kau tau bahwa saat dewasa nanti, aku akan menjadi kebanggaanmu.

Tapi, perasaan berharga itu telah lenyap. Lenyap 15 tahun yang lalu, saat egosentris mu memuncak dan selalu menginginkan aku mengikuti semua pilihanmu. Tanpa bertanya apa mauku dan bagaimana perasaanku.

Ibu,

Aku mulai bingung, milik siapa sebenarnya tubuh ini, Milik siapa mata ini, bibir ini, bahkan vagina ini. Sampai urusan pasangan hidup pun harus engkau yang tentukan. Tapi sekali lagi aku tak berdaya, mana mungkin aku mampu untuk membencimu. Sekalipun jiwa ringkih ini kau jual pun aku masih akan tetap menjadi perempuan kecil yg selalu ingin bersimpuh di kaki mu.

Ibu,

Aku tumbuh bu, aku tumbuh, dan aku harap aku tumbuh sesuai harapan ibu. Alih alih ingin dibahagiakan, aku justru tumbuh dengan perasaan ingin selalu membahagiakan orang lain. Walaupun aku tau, aku tidak akan mampu melakukan itu, aku akan berusaha.

Ibu,

Setiap detik pertumbuhanku, aku sadari semakin bertambah mata tuan dan puan yg mengincarku. Entah sekedar menjadikanku hiburan atau bahan cacian. Dengan mata sayu berbutir gembur nasi, amigdala ku berkelana mencari kebenaran atas diriku. Mengapa aku selalu disalahkan?, mengapa aku selalu dipinggirkan?, mengapa aku tidak pernah didengar?. Pertanyaan itu yg menemani aku setiap waktu bu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun