Mohon tunggu...
Nuri Handayani
Nuri Handayani Mohon Tunggu... Guru - Alon-alon asal kelakon

Just do it

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Sedap Dibuat dengan Hati yang Mantap

23 Mei 2021   05:20 Diperbarui: 23 Mei 2021   05:21 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Soto adalah makanan khas Indonesia yang menurutku sangat rumit dalam penyajiannya. Aku kurang suka kepada makanan yang satu ini. Bukan dalam hal rasa tapi lebih kepada persiapan dan cara penyajiannya yang membutuhkan banyak bahan pelengkap agar dapat membuat soto menjadi panganan yang sedap. Bumbunya sih standar saja, hanya pelengkap cita rasa nya yang banyak yang harus dipersiapkan.

Itulah sebabnya mengapa seringkali aku menolak jika sedang kebingungan akan memasak apa, lalu diberi ide untuk membuat soto saja. Meracik soto sangat merepotkan bagiku. 

Membuat ayam ungkep atau rendang atau sayur asem lebih aku pilih daripada membuat semangkuk soto. Namun, hari ini aku mencoba untuk membuatnya lagi tetapi dengan bumbu yang kuracik sendiri dan bukan bumbu jadi. Semangat ini aku dapat karena ketika di rumah sedang tidak masak dan sudah kelaparan akhirnya menu andalan yang dituju adalah soto yang ada di pangkalan dekat rumah. 

Satu porsinya tidak mahal Cuma Rp10.000 untuk 1 kali makan. Untuk satu keluarga tak mungkin rasanya bila Cuma beli 1 saja. Kadang aku beli 2 atau 3 bungkus. Satu mangkuk soto untuk berdua kadang kurang. Apalagi jika makannya tidak berbarengan. 

Yang makan lebih dahulu, dia akan mengeruk isi soto lebih banyak dari yang makan duluan. Bukan pelit, tapi sebagai ibu rumah tangga dengan penghasilan keluarga yang pas Pasan seperti kami, budged makan 3× sehari sebesar 100 ribu itu sudah cukup besar. Belum harus membeli keperluan yang lainnya. Jadi, sebagai seorang ibu rumahtangga aku pun harus selalu memutar otak agar uang belanja Kami cukup untuk satu bulan.

Melihat anak-anak berebut isi soto aku pun terpikir untuk membuatnya sendiri. Akan tetapi, kali ini tidak dengan memakai bumbu jadi. Tekadku sudah bulat, walaupun kendalanya beberapa pelengkapnya tidak ada ditemukan di warung karena kehabisan stok pasca lebaran. Okelah kalau begitu saya harus menunda membuatnya sampai esok hari. Tak apalah menunggu sampai esok hari, karena bila tak lengkap sotonya nanti tak enak. Itu menurutku loh.

Akhirnya, Hari ini aku bahagia sekali karena telah dapat membuatkan soto terenak untuk keluarga. Semula ragu, tapi akhirnya berhasil juga. Sebelumnya jika aku ingin membuat soto, maka aku harus membeli bumbu jadi terlebih dahulu. Ketika memasak pun ada keraguan rasa ketika harus mencicipinya. Kadang kurang asin, kurang bumbu, atau kurang ada feel soto yang khas. Aku tak tahu kenapa terjadi. Padahal kan bumbunya yang kubeli sudah agak banyak kutaruh ke dalam kuahnya. Bumbu yang diperlukan memang hasil menonton video masak di YouTube. Banyaknya bahan yang diperlukan aku kira-kira sendiri karena itu semua tergantung selera kita masing-masing.

Senangnya hatiku ketika seisi rumah menyantap soto dengan penuh antusias bahkan minta nambah. Masha Allah. Bahagia itu sederhana sekali ya. Dengan memberi kebahagiaan maka kita pun akan bahagia. Alhamdulillah.

Adapun bahan-bahan soto ayam yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Bahan utama:

-1 kg daging Ayam (bagian dada)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun