Mohon tunggu...
nurfitriah
nurfitriah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang mahasiswa jurusan psikologi fakultas psikologi universitas muhammadiyah malang

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Kesehatan Mental bagi Remaja

20 September 2022   22:25 Diperbarui: 20 September 2022   22:50 125 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Nurfitriah,jurusan psikologi,fakultas psikologi ,universitas muhammadiyah Malang

Apasih kesehatan mental itu?

kesehatan mental adalah cara menggambarkan kesejahteraan sosial secara emosional anak-anak dan para remaja sangat memerlukan kesehatan mental yang baikuntuk berkembang dengan sehat,membangun hubungan sosial yang kuat,beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan hidup. 

Anak remaja yang memiliki kesehatan mental yang baik,jaman sekarang kesehatan mental bukanlah hal yang asing untuk didengar di telinga namun sering kali kata ini juga yang sering kali menjadi hal yang diabaikan ,seharusnya kesehatan mental juga diperhatikan selayaknya kesehatan fisik yang dimana setiap saat kita takut apabila kesehatan itu menurun.perkembangan jaman saat ini memberikan dampak positif dan negatif bagi kesehatan mental remaja diantaranya perkembangan moral dan kesehatan mental sebagai individu dalam kategori perkembangan anak remaja pada fase akhir . WHO melaporkan bahwa 450 juta orang di seluruh dunia memiliki gangguan kesehatan mental, dengan prevalensi 20% kejadian terjadi pada anak-anak (O'Reilly, 2015). 

Dengan angka kejadian yang meningkat setiap tahunnya, memperluas pengetahuan terkait kesehatan mental pada anak dan remaja menjadi hal yang penting. Kesehatan mental anak dan remaja dapat mempengaruhi masa depan dirinya sendiri sebagai individu, dan berdampak pada keluarga hingga masyarakat. Oleh karenanya, kekhawatiran ini berkembang baik untuk institusi kesehatan dan peneliti akademis Masa anak dan remaja yang masih erat kaitannya dengan masa perkembangan membuat adanya kesulitan dalam melakukan diagnosis dan memberikan perlakuan (Remschmidt, et al., 2007). 

Kesulitan ini muncul karena tidak ada garis yang jelas dalam membedakan perkembangan yang normal dan abnormal. Kesehatan mental melibatkan lebih dari masalah medis. Banyak faktor yang memengaruhi, seperti adanya faktor sosial ekonomi. Masalah kesehatan mental dapat muncul di berbagai area mulai dari ranah individu seperti penyalahgunaan zat, kejahatan, kekerasan, kehilangan produktivitas hingga bunuh diri.

cara menjaga kesehatan mental bagi remaja  :                                                                                                                       

* Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

* Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri

Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya. Secara umum merenungkan rasa terimakasih juga efektif, tetapi kamu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan