Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Lelaki yang Bukan Siapa-siapa Berkurban dan Mencinta

16 Juli 2021   22:47 Diperbarui: 19 Juli 2021   21:46 119 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lelaki yang Bukan Siapa-siapa Berkurban dan Mencinta
sumber gambar: cyberdakwah.com

Lelaki itu sepanjang hidupnya selalu berkurban dan mencinta baik bagi anak,isteri maupun sesamanya.

Lelaki itu memang bukan pujangga. Yang pintar merangkai, menyamarkan, dan memanjangkan kata-kata. Kalau pujangga  bisa memanjangkan kata yang pendek jadi berlipat jumlahnya padahal artinya sama. Pujangga juga bisa merangkai dan menyamarkan kata sehingga kata yang sebenarnya sederhana bisa  ganda makna bahkan tak jelas artinya. Tetapi lelaki itu lugas memahami kata berkurban dan cinta tanpa menyamarkan artinya dan memanjangkan diksinya. Tak heranjika dia menulis puisi selalu ditolak redaksinya karena dianggap terlalu jelas dan sederhana kata-katanya.

Ia juga bukan ahli filsafat yang selalu bertanya. Jika ahli filsafat selalu bertanya apapun makna segala sesuatu di dunia, maka sang lelaki lebih memilih melakukannya tanpa banyak tanya.

Ia juga bukan ahli hukum yang selalu mendahulukan keadilan. Ahli hukum selalu menekankan keadilan yaitu memberikan kepada orang yang menjadi haknya. Tetapi lelaki itu lebih memilih berkurban dan mencinta yang artinya dia memberikan apa yang menjadi haknya kepada isteri, anak, dan sesama yang dicintainya. Sebuah tindakan yang sekaraang ini di dunia sudah menjadi langka.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x