Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Alami Kaki Bau? Simak Penjelasan dan Solusi Dokter Minachun Ini

25 Agustus 2022   10:17 Diperbarui: 25 Agustus 2022   10:22 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter MInachun SYania R, Dokter RSI Banjarnegara Jaswa Tengah. Dok Pri

BANJARNEGARA - Apakah anda sedang alami kaki bau?Mari Simak penjelasan Dokter Minachun Syania, dokter RSI Banjarnegara, Jawa Tengah ini.

Kaki bau bisa menimpa siapa saja, dan kondisi ini sanghat mengganggu orang-orang disekitarnya.

"Kaki baui tidak hanya membuat seseorang antisosial tetapi juga tidak menyenangkan. Tidak diragukan lagi itu ditandai sebagai tanda kebersihan kaki yang buruk. Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk menghilangkan masalah ini," kata Syania yang juga alumnus Fakultas Kedokteran Unisulla Semarang ini.

Menurut dokter muda ini sejumlah orang menderita masalah ini tanpa menyadari penyebab dan pengobatannya. Bau busuk ini disebabkan pada kaki dengan memakai kaus kaki atau sepatu tanpa ventilasi yang baik.

"Dalam istilah medis bau kaki dikenal dengan istilah bromhidrosis. Bau ini berasal dari bakteri yang berkembang biak di kaki yang hangat dan lembab. Kaki kita memiliki banyak kelenjar keringat, yang mengeluarkan keringat. Keringat di kaki mengandung banyak bahan kimia, yang menghasilkan bau dengan interaksi bakteri ini," ujarnya.

Jenis bau kaki yang paling umum disebabkan oleh keringat normal karena kebersihan yang buruk. Jenis lain dari bau kaki adalah infeksi bakteri pada kaki. Bau ini dapat diobati dengan obat-obatan dan herbal. Infeksi jamur pada kaki juga menjadi salah satu penyebab bau ini.

Simak cara menghentikan bau kaki berrikut ini

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk menjauhkan bakteri dari kaki dan menghilangkan bau tak sedap ini.

Kaki kering dan bersih

Seseorang harus menjaga kaki tetap bersih dan kering. Seseorang dapat menggunakan sabun dan air untuk membersihkan kaki. Bagi yang sering berkeringat harus mencuci kaki beberapa kali sehari. Seseorang harus membersihkan kaki dengan bedak untuk mencegah bau kaki.

Kaus kaki dan sepatu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun