Mohon tunggu...
novy khayra
novy khayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, M.A - Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Rekomendasi 4 Olahraga Ringan Saat Puasa, Apa Saja?

29 April 2021   21:06 Diperbarui: 29 April 2021   21:21 290 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rekomendasi 4 Olahraga Ringan Saat Puasa, Apa Saja?
Muslimah beryoga (sumber :bincangmuslimah.com)

Olahraga ringan pada dasarnya adalah tergantung dari orang masing-masing. Bagi atlet atau tipe orang yang hobi olahraga, fitness dengan angkat beban puluhan kilogram mungkin dianggap ringan tapi tidak bagi kita. 

Nah, karena kita orang biasa bukan atlet atau orang hobi olahraga, maka olahraganya yang ringan saja. Ringan dalam hal ini artinya mudah dilakukan dan cukup efektif untuk anggota gerak tubuh. Berikut ini olahraga ringan yang dapat kita lakukan saat puasa:

Jalan Kaki / Joging

Jalan kaki dan jogging  hampir mirip, bedanya pada kecepatan atau speed. Lan gkah pada jalan kaki lebih santai, sedang langkah jogging lebih cepat atau berlari.  Jalan kaki dapat dilakukan setelah solat subuh atau menjelang magrib.

Manfaat jalan kaki / jogging yang saya lansir dari Style.Kompas antara lain:

Perubahan positif pada otak, Meningkatkan kemampuan penglihatan, Mencegah penyakit jantung, Meningkatkan volume paru-paru, Bermanfaat untuk pankreas, memperlancar pencernaan, Membentuk otot, menguatkan tulang dan sendi, meredakan sakit punggung, dan menenangkan pikiran.

Senam

Kalau tidak sempat untuk keluar rumah, alternatif senam juga bisa kita lakukan baik di rumah maupun kantor. Senam ringan bisa kita iringi dengan music atau tanpa music yaitu dengan stretching/peregangan otot gerak. Nah, sama halnya jalan kaki atau jogging, senam juga ada manfaatnya lho..

Berikut ini akan saya jabarkan manfaat senam: Meningkatkan kesehatan jantung. Jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh. Menjaga berat badan, Meningkatkan stamina, Meningkatkan mood dan mengurangi stress, Meningkatkan metabolisme tubuh, Meningkatkan daya ingat, Mengurangi risiko terkena penyakit.(kompas.com,2020)

Yoga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN