Mohon tunggu...
Novi Setyowati
Novi Setyowati Mohon Tunggu... Lainnya - berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

berbagi pengalaman, cerita, dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keteguhan yang Kurenungkan di Bawah Senja Skandinavia

15 Maret 2021   14:17 Diperbarui: 15 Maret 2021   15:26 484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Senja di Kopenhagen (Dokpri)

Kepada senja Skandinavia aku titipkan,
Terkaan acak yang tak kunjung pudar,
Tanpa penat meski beban t'lah menekan,
Rasaku tetap tak 'kan pernah hambar.

Di bawah senja Skandinavia aku teringat, perjalananku yang t'lah kutempuh sejauh ini. Yang seringnya juga aku lalui hanya dengan diriku sendiri.

Tak lengah kulihat orang-orang berlalu lalang. Berdua, bertiga, berempat, dan beramai-ramai. Tapi aku justru selalu senang jika aku hanya seorang diri. 

Meski tersesat kesana kemari dengan beban ransel berkilo-kilo dan berjalan kaki di keramaian hingga hari gelap, tak apa. Aku selalu berusaha menjaga diri dengan baik. Waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Gunting kuku dan semprotan merica selalu jadi andalanku kemana-mana. Agar tak ada lagi yang meremehkan hobiku bersolo wisata meski aku seorang perempuan. Dan tak ada lagi yang meragukanku untuk bepergian seorang diri meski aku seorang perempuan.

Senja yang temaram di Kopenhagen (Dokpri)
Senja yang temaram di Kopenhagen (Dokpri)
Menyeberangi daratan Jerman dari Hamburg dengan Flixbus dan bertemu dengan berbagai orang asing lainnya di kapal penyeberangan menuju Skandinavia, aku tak apa meski hanya seorang diri. Meski postur dan penampilanku pun berbeda dengan orang-orang Eropa di sana, aku tak apa.

Meski polisi-polisi Denmark dengan posturnya yang tinggi dan tegap mulai memeriksa kelengkapan dokumen di dalam Flixbus sesampainya di perbatasan, tak apa. Aku tak gentar meski aku bukan warga Eropa. Toh, aku punya resident permit ku, meski pasporku adalah paspor Indonesia.

Tak sedikitpun aku merasa kerdil atau ingin berlari. Kalaupun ingin berlari, aku hanya ingin segera berlari hingga Skandinavia, agar perjalananku tak terhenti hanya sampai disitu.

Sama seperti mimpi-mimpiku yang lain, tak pernah sekalipun aku gentar atau takut dan berlari menjauh meski yang lain tak mendukungku. Aku hanya terus berlari dan berlari tanpa lelah ke arahnya.

Meski tak tahu entah kapan aku akan sampai, tapi aku tahu jika aku hanya harus terus berlari dan berlari tanpa pernah aku menyerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun