Mohon tunggu...
WANODYA SOSETYANINGRAD
WANODYA SOSETYANINGRAD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Farmasi

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Intropeksi Diri

21 November 2021   21:18 Diperbarui: 22 November 2021   09:40 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul Buku              : Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?

Penulis                      : Kim Sang-hyun

Penerjemah            : Dewi Ayu Ambar Rani

Penerbit                    : Penerbit Haru

Tahun Terbit           : Oktober 2020 

Presensi                     : Wanodya Sosetyaningrad / 243 / F

Buku "Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?" ditulis oleh Kim Sang-hyun. Penulis asal Korea Selatan. Buku kelima yang pertama kalinya diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Buku ini termasuk kedalam kategori buku self improvement. Buku yang tengah hangat diperbincangkan ini berisi tentang upaya, kegiatan dan tindakan untuk meningkatkan serta mengubah diri menjadi lebih baik.  Dengan karyanya ini, penulis berharap dapat menjadi teman cerita untuk mendiskusikan berbagai permasalahan.

"Buku ini memberikan sebuah pertanyaan besar bagi saya: Apakah  saya sudah hidup cukup baik sampai ada orang yang mau datang ke acara pemakaman saya?" - dr. Andreas Kurniawan, Sp

Buku ini memakai judul yang menakutkan yaitu mengenai kematian, namun isinya memberikan kehangatan sekaligus menyadarkan kita tentang makna dan tujuan hidup. 

Penulis mengajak kita untuk berdiskusi dan memikirkan kembali tentang sudah cukup baikkah kita, terutama pada orang-orang terdekat. Sudah sebaik apa kita hingga orang-orang bersedia untuk datang ke pemakaman kita nanti? Sudah sebaik apa kita hingga orang-orang bersedia untuk mendoakan kita nantinya?.

Buku yang berisi 168 halaman ini juga berisi tentang bagaimana menjalani hidup. Berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering kita tanyakan pada diri sendiri mengenai masa kini dan kedepannya. Sebagai manusia pasti mempunyai banyak impian. Seringkali kita merasa bersemangat dan menggebu-gebu untuk mewujudkannya. Namun tidak jarang juga, ada rasa pesimis yang dirasakan. Bisakah saya? Mampukah saya? Apa mimpi saya tidak terlalu sulit? Apakah mimpi saya terlalu tinggi? Dibuku ini kita ditenangkan oleh kata-kata penulis mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun