Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Tinggalkan Madinah Menuju Mekkah, Ini yang Perlu Dilakukan Para Jemaah Haji

19 Mei 2024   04:30 Diperbarui: 19 Mei 2024   14:30 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Bir Ali (Sumber: https://kemenag.go.id/)

Jemaah haji Kloter (Kelompok Terbang) awal Gelombang I mulai diberangkatkan dari tanah air tanggal 12 Mei 2024 lalu. Mereka, dari embarkasi tanah air langsung menuju Madinah.

Di Madinah para jemaah haji tinggal selama 8-9 hari. Di sana mereka melakukan arba'in, yakni melakukan shalat 5 waktu berjamaah di Masjid Nabawi selama 8 hari secara berturut-turut. Arba'in sendiri bermakna 40 (5 kali shalat x 8 hari = 40).

Selain melakukan arba'in, selama di Madinah para jemaah haji juga melakukan aktivitas ziarah ke banyak tempat yang bersejarah. Seperti ke Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud, Maqbarah (pekuburan) Baqi, Makam Nabi, Raudhah, dan lain-lain.

Menilik RPH (Rencana Perjalanan Haji) tahun 1445 H/2024 M yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, jemaah haji Kloter awal Gelombang I, mulai tanggal 21 Mei 2024/13 Zdulqa'dah 1445 H akan mulai meninggalkan Madinah menuju Mekkah.

Sebelum meninggalkan Madinah menuju Mekkah, demi ketertiban dan kenyamanan para jemaah haji perlu memperhatikan hal-hal berikut.


Pertama, para jemaah haji mengemas pakaian dan barang-barang lain ke dalam tas/koper besar sehari sebelum meninggalkan Madinah. Hal itu perlu dilakukan, sebab tas/koper besar biasanya dicek dahulu oleh petugas kloter dan PPIH (Panitia Penyelenggara Haji) Daker (Daerah Kerja) Madinah sebelum diberangkatkan ke Mekkah.

Ilustrasi tas/koper jemaah haji di lobi hotel siap diangkut ke dalam bus menuju Mekkah (Sumber: dokpri)
Ilustrasi tas/koper jemaah haji di lobi hotel siap diangkut ke dalam bus menuju Mekkah (Sumber: dokpri)

Jemaah haji harus memastikan tak ada pakaian atau barang lain yang masih diperlukan tertinggal di kamar hotel. Semua sudah masuk ke dalam tas/koper besar.

Kedua, makanan atau minuman tidak dimasukan ke dalam tas/koper besar, tapi dimasukan ke dalam tas kabin. Barang lain yang bisa dimasukan ke dalam tas kabin adalah beberapa helai pakaian untuk ganti, handuk, dan alat-alat mandi.

Ketiga, beberapa jam sebelum berangkat ke Mekkah, jemaah haji sebaiknya mandi besar terlebih dahulu. Setelah itu langsung memakai pakaian ihram.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun