Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Di Rumah Tambah Berfaedah dengan Berbenah

27 April 2021   20:37 Diperbarui: 27 April 2021   21:26 395 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Rumah Tambah Berfaedah dengan Berbenah
Berbenah pakaian dapat menyadarkan seseorang untuk senantiasa bersyukur (Ilustrasi: mccallrealestate.com)

Tahun 2021 ini Ramadan di rumah lagi. Idul Fitri pun bakalan di rumah saja dengan dilarangnya mudik #Lebarandirumahaja
 
Saat tahun lalu, Ramadan di rumah itu masih beradaptasi dengan kerja dan sekolah di rumah. Ramadan ini sudah lebih terbiasa dengan keduanya meskipun (kadang) tetep aja terasa bete dan bosen, banget hehehe...

Lebih seringnya kita di rumah sekarang tak pelak membuat kita lebih menyadari kondisi rumah, termasuk keberadaan barang. Setelah memperhatikan rak buku, barulah saya tersadar ada koleksi buku yang saya aja udah lupa: "Waduh, ini kapan ya belinya?"

Begitu juga saat memeriksa isi lemari. Ternyata, 'harta karun' berupa pakaian layak pakai tapi sudah lama tak dipakai sudah menumpuk jumlah, ya ampun!

Jadilah Ramadan ini saya pilih untuk beres-beres barang di rumah (decluttering). Hasilnya, saya mendapati ada 3 jenis barang yang bisa kita simpan/pakai, buang, atau donasikan.

Barang fungsional

Inilah barang yang harus kita simpan atau pakai. Frekuensi pemakaiannya bisa setiap hari, bahkan lebih dari 1x per hari.

Contohnya di kamar mandi, sikat plus pasta gigi, sabun mandi, dan shampoo termasuk barang fungsional. Selain itu, belum tentu termasuk barang fungsional.

Bagaimana dengan sabun wajah, kondisioner, lulur, dan sebagainya? Saya pribadi kini lebih memilih produk yang multifungsi.

Senangnya, kini banyak produk ramah lingkungan yang multifungsi. Ohya, selain berbenah, mencari info tentang jenis produk hijau juga menjadi kegiatan saya selama Ramadan di rumah saja sekarang.

Ada lho sabun mandi plus sabun wajah alami dalam satu produk. Begitu pula dengan shampoo plus conditioner alami dalam 1 produk eco-friendly.

Sederhananya, jika suatu barang yang belum tentu 1x/minggu dipakai, pikir-pikir lagi untuk menyimpannya. Tujuan berbenah adalah untuk membuat hidup kita lebih produktif tanpa digelayuti banyak barang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x