Mohon tunggu...
Nanda Riki Wahyu
Nanda Riki Wahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Author

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Milad Muhammadiyah Ke-109 "Optimis Bersatu Hadapi Covid-19"

28 November 2021   21:58 Diperbarui: 28 November 2021   22:11 67 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Muhammadiyah merupakan organisasi yang telah memberikan peran dan kontribusi cukup banyak terhadap kemajuan bangsa dan Islam. 

Bertepatan pada tanggal 18 November 2021 Muhammadiyah telah berusia ke-109 tahun. Milad Muhammadiyah tahun ini masih dilaksanakan dalam suasana pandemic Covid-19. 

Mengacu pada situasi saat ini, Muhammadiyah mengusung spirit dengan tema “Optimis Hadapi Covid-19: Menebar nilai utama” dan diselenggarakan secara luring di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan daring melalui zoom meeting yang disiarkan langsung di Youtube resmi Muhammadiyah pada hari Kamis (18/11/2021). 

Tema ini diusung untuk menebarkan nilai-nilai utama serta untuk menguatkan kaum muslim di Indonesia sebagai kunci untuk menjadikan manusia yang sempurna dari wujud dan pengetahuannya.

Pada mulanya Covid-19 ditetapkan sebagai status pandemic global oleh WHO pada tanggal 12 Maret 2020. Status ini ditetapkan berdasarkan 3 hal, yaitu : Pertama, proses penyebaran virus ini begitu cepat. 

Kedua, virus ini tidak mudah terdeteksi penyebarannya. Ketiga, kebiasaan sikap masyarakat yang sering menganggap remeh terhadap penyebaran dan resiko yang ditimbulkan akibat virus ini. 

Di Indonesia sejak 14 Maret 2020 Pemerintah menetapkan Status Darurat Tanggap Bencana Korona hingga 29 Mei 2020. Kemudian pada 31 Maret 2020 ditetapkan Status Darurat Kesehatan Masyarakat. 

Terakhir, di Indonesia mengalami perbedaan dengan negara lain yang telah memberlakukan lockdown, namun berdasarkan berbagai pertimbangan, Pemerintah Indonesia menetapkan Penetapan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus ini.

Dari kondisi darurat ini, seluruh elemen masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam mencegah penyebaran dan melawan Covid-19, tak terkecuali Muhammadiyah. 

Pada dasarnya seluruh elemen harus bersatu dan tidak boleh berpangku tangan serta hanya pasrah dalam menghadapi masalah sebesar ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan