KKN UPI-Pendampingan UMKM Pada Masa Pandemic COVID-19
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh tanah air telah berdampak pada semua aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang terkena dampak pandemi Covid-19 adalah di bidang ekonomi.
Hardilawati (2020) telah mengusulkan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM untuk mempertahankan usahanya dalam menghadapi pandemi Covid-19.Â
Yaitu (1) Usaha kecil, menengah dan mikro yang menggunakan e-commerce (2) Digital marketing (3) Meningkatkan kualitas produk dan layanan (4) Customer relationship marketing (CRM).
Melalui e-commerce, pasar digital baru dapat diciptakan, yaitu pasar global dengan akses yang mudah, transparansi yang lebih besar, dan perdagangan yang efisien. Beberapa e-commerce yang bisa digunakan di Indonesia antara lain shopee, tokopedia, Â gojek, lazada, dll.
Pendampingan umk yang dilakukan dalam rangka melaksanakan program KKN ini yaitu dengan memberikan pendampingan strategi UMKM dengan memberikan ilmu mengenai e-commerce. Pembuatan konten dan engagement untuk meningkatkan penjualan.