Mohon tunggu...
Najwa Laila Nafilaty
Najwa Laila Nafilaty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Media Sosial dalam Dunia Bisnis, Apakah Menguntungkan?

3 Oktober 2022   15:56 Diperbarui: 3 Oktober 2022   16:00 529
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Media sosial dalam Bisnis? (source: writer)

Saat ini dunia yang kita jalani telah memasuki era baru yaitu era globalisasi. Era baru ini menandai adanya perubahan manusia dalam menjalani kehidupan. Adanya banyak penemuan baru dalam bidang teknologi yang lebih canggih, menjadikan era globalisasi saat ini juga bisa disebut sebagai industri 4.0.

Era globalisasi biasanya sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi terbaru yang lebih canggih. Selain itu, era ini juga dipercayai sebagai era dengan pesatnya perkembangan internet serta media sosial lainnya yang akan menunjang kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan praktis.

Media sosial adalah salah satu platform interaksi dimana seseorang dapat dengan bebas untuk memposting foto maupun video keseharian mereka dan penikmat pun juga dapat dengan bebas untuk berinteraksi dengan men-like, comment, dan share postingan-postingan tersebut. Hal inilah yang dapat memberikan nilai plus dalam dunia bisnis.

Dalam bisnis, media sosial menjadi suatu hal yang cukup penting dalam pemanfaatannya. Kemudahan akses media sosial masa kini akan mempermudah para pengusaha dalam menjalankan bisnis usahanya. Mungkin ada beberapa dari kawan-kawan disini yang ingin mulai berjualan di media sosial? Sebelum kalian mencoba, mari simak pembahasan saya di bawah ini.

Dalam sebuah bisnis, melakukan riset pasar merupakan salah satu langkah awal yang sangat harus diperhatikan. Sebab, riset pasar ini merupakan dasar yang harus berjalan dengan sempurna jika ingin meraih kesuksesan dalam bisnis kalian. Media sosial menjadi suatu alat di era modern saat ini untuk dapat memberikan kemudahan bagi pengusaha baru dalam melakukan riset pasar untuk produk mereka.

Melalui data-data yang telah didapatkan, akan lebih mudah untuk mengetahui kerja sistem pasar dan mengukur tingkat keberhasilan taktik pemasaran yang diterapkan dalam sebuah bisnis. Jika memang dirasa kurang berhasil, maka pengusaha dapat memperbaiki strategi pemasaran untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Sangat menarik untuk memahami kegunaan media sosial ini karena penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs bisnis online kalian. Kehadiran website berfungsi sebagai media bisnis online dan media sosial sebagai saluran pemasaran. Sederhananya, media sosial adalah jembatan yang membawa orang ke situs website toko online kalian.

Dilihat dari jumlah pengguna media sosial di Indonesia saat ini, yaitu yang mencapai 191,4 juta pengguna aktif media sosial (tinewss.com, 2022), melakukan strategi marketing melalui media sosial adalah hal pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Para pengguna yang melihat produk dan ide bisnis kalian di media sosial akan merasa penasaran dan akhirnya mencari tahu produk apa yang kalian tawarkan.

Dalam sebuah penelitian, dilakukan riset hubungan antara pengaruh media sosial terhadap minat beli konsumen yang mana hasilnya menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara produk-produk yang dipromosikan melalui media sosial dengan minat beli konsumen. Konsumen yang merasa tertarik akan terus mencari tahu terkait produk tersebut dan akhirnya memberikan keputusan pada konsumen untuk membeli barang tersebut.

Selain sebagai media promosi yang mempengarui minat beli, media sosial juga dapat memberikan manfaat bagi popularitas bisnis tersebut. Dengan mengunggah segala hal yang berkaitan dengan bisnis kalian, cara ini sudah merupakan tahap memperkenalkan bisnis kepada khalayak umum. Bukan hanya masyarakat sekitar yang akan mengetahuinya, namun juga seluruh Indonesia bahkan negara lain juga dapat melihat bisnis kalian.

Kemunculan produk kalian di media sosial, hal itu akan membuat lebih mudah bisnis kalian untuk terhubungan dengan konsumen. Begitu juga sebaliknya dengan konsumen, akan dapat terhubung dan mengenal bisnis kita dengan lebih mudah. Pengaruh hal ini terhadap bisnis kita yaitu dapat meningkatkan brand awareness bisnis kita dan juga loyalitas konsumen pada produk yang kita miliki.

Dengan semakin luasnya bisnis kalian dikenal, maka akan semakin mudahnya kalian untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru dari berbagai daerah dan negara. Dimana hal ini akan sangat menguntungkan bagi kalian yang baru membuka bisnis tersebut.

Tidak hanya itu, penggunaan media sosial pada sektor bisnis juga dapat meperluas jaringan bisnis kalian. Kalian akan banyak menemui banyak pengusaha lainnya yang juga telihat di media sosial. Adanya relasi yang semakin luas akan sangat memberikan bisnis kalian dampak baik khususnya dalam promosi produk dan memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi.

Namun, di sisi lain juga mungkin kalian akan banyak bertemu pesaing-pesaing baru yang juga melakukan bisnis pada bidang yang sama dengan kalian. Dalam hal ini, media sosial juga berguna untuk mencari dan mendapatkan informasi penting tentang kompetitor. Kalian bisa dengan mudah untuk melakukan research terhadap bisnis mereka dan melakukan analisis untuk memperbaiki kejanggalan tersebut pada bisnis kalian.

Manfaat yang tidak kalah penting juga adalah media sosial dapat memberikan informasi faktual terus-menerus secara up to date. Seperti yang kita ketahui bahwa tren dunia selalu berubah-ubah. Hal inilah yang dapat memberikan pengetahuan bagi si pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Pengusaha dapat mengetahui apa saja yang sedang menjadi trending akhir-akhir ini, sehingga dapat melakukan suatu perubahan dan pembaharuan terhadap bisnisnya tersebut.

Selain melihat dari sisi keuntungan media sosial dalam dunia bisnis, tidak bisa dielak juga bahwa adanya beberapa kekurangan yang akan terjadi. Persaingan yang tidak sehat menjadi salah satu contoh yang sangat mudah untuk terjadi. Semakin banyak produk yang sama yang beredar di media sosial, maka akan semakin besar pula persaingan yang terjadi antara kompetitor bisnis. Para kompetitor juga bisa secara bebas memberikan komentar buruk dan ujaran kebencian terkait produk yang kalian jual.

Banyaknya konsumen yang melakukan hit and run juga merupakan contoh dari kekurangan penggunaan media sosial dalam suatu bisnis. Pengusaha dalam merasakan kerugian dari adanya konsumen seperti ini, karena konsumen merasa bebas untuk melakukan pembatalan pesanan atas produk yang sudah ia pesan. Hal ini karena mudahnya melakukan pesanan secara online.

Dapat disimpulkan, konsep atau strategi pemasaran online melalui media sosial memudahkan pemilik bisnis online untuk lebih cepat mengenal konsumennya. Ketika data tentang pengalaman konsumen melalui jejaring sosial tersedia, data ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan.

Sosial media juga membangun kepercayaan di antara pelanggan Anda, dan menghasilkan lebih banyak prospek, traffic, dan penjualan. Namun, mengelola media sosial tidak semudah kelihatannya. Jika dilakukan dengan cara yang salah, media sosial justru bisa menjadi boomerang dan menghancurkan apa yang telah Anda bangun sejauh ini dengan bisnis Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun