Mohon tunggu...
Musa Hasyim
Musa Hasyim Mohon Tunggu... Guru - M Musa Hasyim

Guru PPKn yang suka baca novel kritik sosial dan buku pengembangan diri. Sering menyukai sesuatu secara random.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

BRImo-ku, Jurus Sakti Menaklukkan Kekalutan Saat Mudik dan Libur Lebaran

27 Mei 2022   20:09 Diperbarui: 27 Mei 2022   20:19 500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perjalanan mudik menggunakan kereta api, pembelian bisa mengandalkan BRImo, sumber: dokpri

Pemerintah akhirnya mengetuk palu untuk memperbolehkan mudik kepada warganya setelah dua tahun sebelumnya sempat dilarang. Euforia mudik 2022 bisa dipantau di mana-mana. Masyarakat menyambut gembira akan hal tersebut. Bahkan pemerintah mencabut kewajiban tes antigen bagi pemudik yang sudah mengantongi vaksin booster. Kebijakan tersebut terasa melegakan bagi pemudik kantong cekak macam saya di mana mengeluarkan uang tiga puluh lima ribu terasa begitu berat.

Hal yang membuat mudik 2022 menjadi momen tak terlupakan bagi saya bukanlah dua poin di atas, namun lebih kepada hal sederhana sewaktu saya mengenal BRImo.

BRImo itu Dijamin Keamanannya

Tahun sebelumnya saya orangnya kekeh, anti terhadap digital banking. Alasannya karena saya gampang "parno"- takut data saya dijuallah, kena tipulah, atau saldo tiba-tiba berpindah tangan. Saya juga dengar desas-desus dari kawan bahwa sering sekali digital banking mengalami eror sehingga berbagai transaksi gagal dilakukan, ujung-ujungnya harus ke ATM terdekat.

Persepsi saya berubah ketika mengetahui BRImo meluncurkan fitur Complain in Apps pada April 2022 yang lalu. Dengan fitur canggih tersebut, saya tidak perlu susah payah ke kantor cabang terdekat atau mengeluarkan sedikit pulsa untuk menghubungi contact center apabila ada kendala, saya hanya perlu membuat aduan dalam sekali sentuhan saja.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani bahwa fitur tersebut merupakan wujud komitmen BRI dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, aman, dan efisien. Keempat poin tersebut segera mengusir jauh-jauh pikiran buruk saya sebelumnya.

Sebenarnya BRI juga punya Contact Center yang responsif dari berbagai media sosial (WA, Twitter, Facebook, dan Instagram), namun perlu diperhatikan setiap akun resmi BRI memiliki centang biru, jangan sampai keliru. Ada banyak pilihan, tinggal kita merasa nyaman yang mana.

Daftar kontak resmi pelayanan BRI, sumber: tangkapan layar BRImo
Daftar kontak resmi pelayanan BRI, sumber: tangkapan layar BRImo

Di samping itu, data konsumen juga dipastikan aman karena terdapat program data privacy di dalam aplikasi. Hal ini bisa dilihat dari adanya pendeteksian wajah saat pendaftaran pertama untuk memastikan apakah itu adalah benar-benar kita, bukan robot atau orang lain yang punya niatan jahat.

Empat langkah mudah mendaftar di BRImo, jika sudah punya Internet Banking bisa langsung login, sumber: tangkapan layar pribadi
Empat langkah mudah mendaftar di BRImo, jika sudah punya Internet Banking bisa langsung login, sumber: tangkapan layar pribadi

Pengalaman saya menggunakan BRImo dapat dijadikan bukti. Ketika itu saya sempat was-was pembelian pulsa tidak juga berhasil, mana saya lagi di kampung halaman. Saya sangat membutuhkannya dengan cepat untuk mengirim salam lebaran kepada rekan-rekan di perantauan yang tidak mudik. Saya pun tidak mungkin ke kantor cabang karena di rumah sedang banyak tamu berdatangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun