Mohon tunggu...
Muhammad Rizky Fadillah
Muhammad Rizky Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unisma Bekasi

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Ajarkan Remaja Karang Taruna Mendesain Spanduk Di Canva

21 September 2022   12:30 Diperbarui: 23 September 2022   20:19 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Anak-anak atau remaja-remaja selalu di indentikkan dengan orang yang malas, benarkah demikian? Padahal banyak remaja-remaja yang semangat dan berjuang memulai usaha, salah satunya adalah remaja-remaja karang taruna di Desa Kutamukti, Dusun Citereup II

Remaja-remaja karang taruna masih menjadi wadah untuk berkembangnya generasi muda, selain mereka aktif di karang taruna, mereka juga bersama-sama membangun usaha.

Tempat cuci steam ini milik Faisal dan kawan-kawannya sebagai anggota karang taruna. Faisal sendiri merupakan orang asli Desa Kutamukti lebih tepatnya di Dusun Citereup II. Faisal ini lahir pada tahun 2002 yang berarti sekarang sudah berusia 20 tahun namun ia bersemangat mengikuti organisasi karang taruna dan memulai usahanya membuka cuci steam motor.

Ada beberapa harga cuci steam tergantung motornya, misal kalau motor metic biasa itu harganya sekitar Rp. 12.000 sedangkan metic yang bodinya besar itu Rp. 15.000 dan untuk motor sport itu sama Rp. 15.000, yang unik cuci steam milik Faisal dan anak-anak karang taruna adalah airnya yang berasal dari kali, namun airnya bersih dan cuci motornya pun tidak sembarangan asal cuci saja, itulah uniknya yang tidak ada di cuci steam lain.

Cuci steam milik karang taruna ini mulai buka pada tahun 2018 yang berarti sudah sekitar 4 tahun memulai usaha cuci steam dan masih sampai sekarang. Remaja karang taruna sendiri memilih buka cuci steam karena melihat peluang dari cuci steam ini, karena pada saat itu belum ada yang membuka cuci steam di sekitar jalan itu. Tempatnya berada di pinggir Raya Sungai Buntu.

Karena mereka sudah memulai usaha, jadi salah satu bagian penting dalam usaha yaitu membuat spanduk untuk menarik orang-orang agar dapat mengenal usaha kita.

Jadi saya dan teman-teman sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN atau Kuliah Kerja Nyata mempunyai program yaitu Pelatihan Mendesain Spanduk Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Penjualan.

Saya dan teman-teman mahasiswa beserta remaja-remaja karang taruna sedikit bersosialisasi dan praktek tentang penggunaan canva untuk medesain spanduk yang menarik.

Karena canva itu sudah memiliki template sendiri misal ingin membuat spanduk, membuat brosur, membuat konten-konten media sosial itu sudah ada templatenya jadi tinggal kita desain semenarik mungkin sesuai apa yang kita inginkan.

Jadi kita dari mahasiswa memberikan sosialisasi atau materi tentang membuka usaha diusia muda dan memberikan materi tentang pentingnya spanduk untuk memulai usaha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan