Mohon tunggu...
Muhammad Rizky Alfarizzy
Muhammad Rizky Alfarizzy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Univeristas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2023.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

teknik lobi dan negosiasi dalam dunia organisasi dan bisnis : pendekatan strategis bagi mahasiswa

30 Juli 2025   21:02 Diperbarui: 30 Juli 2025   21:02 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Lobi dan negosiasi merupakan dua keterampilan penting dalam dunia organisasi dan bisnis, yang memainkan peran krusial dalam pengambilan keputusan dan pencapaian tujuan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep, teknik, serta penerapan lobi dan negosiasi secara strategis, khususnya dalam konteks yang relevan dengan mahasiswa sebagai calon pemimpin dan profesional masa depan. Melalui studi literatur dan analisis praktis, artikel ini menyajikan strategi efektif dalam membangun komunikasi persuasif, memperkuat pengaruh, serta mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Kata kunci: lobi, negosiasi, organisasi, komunikasi strategis, kepemimpinan mahasiswa 

Pendahuluan

Dalam kehidupan organisasi maupun bisnis, sering kali individu dihadapkan pada situasi yang memerlukan kemampuan untuk memengaruhi pihak lain atau mencapai kesepakatan. Di sinilah peran penting lobi dan negosiasi muncul. Bagi mahasiswa yang terlibat dalam organisasi kampus atau sedang menjalani magang di perusahaan, keterampilan ini menjadi modal penting dalam berinteraksi dengan berbagai pihak---baik internal maupun eksternal.

Pengertian Lobi dan Negosiasi

Menurut Fisher dan Ury (1981), negosiasi adalah proses komunikasi dua arah yang bertujuan mencapai kesepakatan antara dua pihak atau lebih yang memiliki kepentingan berbeda. Sedangkan lobi adalah suatu bentuk komunikasi strategis untuk memengaruhi pengambil keputusan secara tidak langsung (Mahmud, 2017).

Perbedaan utama: 

AspekLobiNegosiasi

TujuanMempengaruhiMencapai kesepakatanPendekatanInformalFormal/Semi-formalArah komunikasiSatu arah atau dua arahDua arahContohMempengaruhi dosen untuk mendukung kegiatanNegosiasi anggaran dengan bendahara BEM

Teknik Dasar dalam Lobi dan Negosiasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun