Mohon tunggu...
Muhammad Ilham Ramadhan
Muhammad Ilham Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Halloooo semuanyaaaaa!!!Perkenalkan aku Muhammad Ilham Ramadhan, dari Universitas Yatsi Madani Prodi Bisnis Digital Semester 3

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajemen Risiko : Strategi Perlindungan Reputasi pada UMKM Mie Ayam Garuda

11 Juli 2025   22:46 Diperbarui: 11 Juli 2025   22:46 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRdK4EFzWv9TkeYIki7yRmHmyN4tyj-LkzDJw&s

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Salah satu contoh konkret adalah UMKM kuliner Mie Ayam Garuda, UMKM ini terletak di daerah Kota Tangeran yang beralamat di Jl Perintis Kemerdekaan 1 No 9 (PUJA SARI) Babakan, Tangerang, yang telah dikenal luas oleh masyarakat sekitar karena kualitas rasa dan pelayanan yang konsisten. Namun, seiring meningkatnya eksposur digital dan tuntutan pasar yang semakin kritis, reputasi menjadi aset penting yang harus dijaga. Oleh karena itu, manajemen risiko reputasi menjadi hal yang krusial bagi kelangsungan usaha.

Manajemen Risiko Reputasi : Manajemen Risiko Reputasi merujuk pada rangkaian upaya terstruktur yang dilakukan oleh suatu entitas, termasuk UMKM, untuk mengantisipasi, mengevaluasi, dan menangani potensi kejadian yang dapat merusak nama baik atau persepsi publik terhadap usaha tersebut. Dalam lingkup bisnis makanan, seperti Mie Ayam Garuda, reputasi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kualitas makanan hingga respons terhadap kritik pelanggan.

Potensi Risiko Reputasi dalam UMKM Mie Ayam Garuda :

1. Kualitas Produk Tidak Konsisten

- Variasi rasa dari hari ke hari bisa mengecewakan pelanggan. Mereka bisa saja membagikan keluhan ini di media sosial, yang berisiko menurunkan kepercayaan publik.

2. Kurangnya Standar Kebersihan

- Jika pengolahan makanan tidak memenuhi standar sanitasi, hal ini bisa menciptakan persepsi negatif yang fatal terhadap usaha.

3. Pelayanan yang tidak Profesional

- Interaksi antara karyawan dan pelanggan yang terkesan kasar atau tidak ramah dapat memicu keluhan terbuka di forum publik.

4. Konten Negatif yang viral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun