Mohon tunggu...
Muhammad Lahiq Al Farobbi
Muhammad Lahiq Al Farobbi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember '19

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sosial Media sebagai Faktor Perkembangan Pariwisata

29 Oktober 2019   08:33 Diperbarui: 29 Oktober 2019   08:38 591 6 7 Mohon Tunggu...

Pariwisata di Indonesia belakangan ini sangat gencar untuk dipromosikan baik itu didalam negeri maupun di luar negeri. Indoneisa yang mempunyai tempat-tempat yang sangat indah hampir disetiap daerah baik yang sudah dikembangkan menjadi tempat wisata ataupun belum dikembangkan. Potensi tersebut jika dikembangkan akan menjadi tempat pertumbuhan ekonomi baru yang akan membantu mengangkat perekonomian warga sekitar dari tempat wisata tersebut. Perkembangan wisata di Indonesia juga dipengaruhi salah satunya adalah oleh teknologi.

Teknologi yang semakin berkembang saat ini menjadikan seseorang dapat mengakses sesuatu dengan mudah. Perkembangan teknologi seperti telepon pintar misalnya, menjadikan seseorang dapat mengakses sesuatu dengan mudah dan bisa menjelajahi dunia hanya dengan bermodal satu telepon pintar dan akses internet, kita tau bahwa wifi corner sudah banyak tersebar diberbagai tempat dan warungkopi atau warkop juga sekarang sudah menyediakan wifi sebagai fasilitas lain untuk pelaggannya. Perkembangan teknologi inilah yang menjadikan pariwisata di Indonesia untuk lebih bisa dikembangkan dan dipromosikan ke luar negeri melalui tayangan video pendek atau pun foto yang diunggah diberbagai sosial media seperti youtube, instagram dan facebook dan masih banyak yang lainnya.

Media sosial yang beragam salah satu yang bisa mengangkat atau mendongkrak pariwisata di Indonesia, karena sosial media seperti yang disebutkan diatas banyak digunakan dan diakses oleh warga diseluruh dunia. Salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia adalah youtube yang mendududuki peringkat pertama sosial media yang banyak digunakan. Youtube sendiri sosial media khusus tempat berbagi antara penggunanya dengan penonton melalui sebuah tayangan video. Video promosi pariwisata Indonesia yang berlabel Wonderful Indonesia sudah membuat pariwisata di Indonesia banyak dikenal dan dilihat oleh orang banyak mulai dari dalam negeri ataupun luar negeri. Video pendek yang menceritakan keindahan alam dan pariwisata di Indonesia yang sudah terkenal seperti Bali atau pariwisata yang baru ingin di angkat menjadi Bali baru, seperti danau toba, tanjung kelayang dan tanjung lesung dan lain-lainnya, yang menandakan bahwa pengembangan sektor pariwisata ini sangat berpengaruh terhadap devisa negara dan perekonomian warga. Bali baru yang merupakan tempat yang mempunyai potensi untuk menjadi tempat wisata dunia yang akan bisa untuk menyaingi dan sepadan dengan Bali. Pembuatan video pendek ini dapat mengembangkan periwisata di Indonesia dan menunjukan keseluruh dunia bahwa keindahan Indonesia sangat menakjubkan dan menjadikan pertumbuhan pariwisata di Indonesia semakin maju yang akan juga berdampak pada perekonomian.

Media sosial lainnya yang sangat berperan dalam memajukan pariwisata di Indonesia adalah instagram. Instagram sendiri salah satu media sosial yang khusus tempat berbagi melalui foto. Kita, ketika ingin mempost foto diinstagram pastinya akan memilih foto yang baik dan background atau suasana yang baik pula. Sekarang, tempat yang sangat kekinian dan menjadi spot foto yang manarik ketika dipost diinstagram atau kita bisa menyebutnya tempat yang instagramable banyak diburu oleh warga demi mempercantik tampilan feeds instgram. Perkembangan sosial media seperti instagram ini banyak memunculkan tempat wisata baru khusunya tempat atau spot foto yang instagramble. Tempat wisata tersebut banyak dikembangkan dan bermunculan di desa-desa salah satu contoh tempat wisata khusus tempat foto instagramable adalah di Desa Gosari Kecamatan Ujungpangkah. Wisata ini sangat berpengaruh terhadap warga masyarakat dibidang ekonomi.

Wisata desa tersebut tidak termasuk tempat wisata yang berskala besar yang dikembangkan oleh pemerintah dan dibangun infrastruktur pendukung seperti penginapan, restoran dan lain-lain. Tempat wisata yang hanya berskala kecil yang biasanya hanya dikembangkan oleh penduduk sekitar. Wisata desa bisa kita sebut demikian yang merupakan titik perekonomian baru bagi warga yang ada di desa yang merupakan pengembangan pariwisata dengan melihat kondisi perkembangan teknologi dan sosial media khusunya mengenai tempat wisata yang instagramable. 

Wisata desa ini juga sangat mudah dibuat dan bisa dilakukan atau dikembangkan diseluruh desa yang ada di Indonesia. Wisata spot foto untuk Instagram ini juga tidak memerlukan tempat yang mempunyai ciri khas atau keunggulan tertentu seperti alam atau harus adannya sungai, pantai dan air terjun, sama sekali tidak, hanya dibutuhkan tempat yang luas dan rindang saja, karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata buatan.

Pengembangan wisata desa ini banyak dilakukan oleh desa-desa sebagai tumpuan ekonomi baru warga. Warga sekitar yang mengolah tempat wisata tesebut sehingga keuntungan adanya tempat wisata ini dapat dimaksimalkan, seperti penarikan karcis, penjualan makanan, penjualan cinderamata dan jasa foto. Hal tersebut pastinya akan membantu perekonomian warga sekitar dan akan berdampak juga pada kesejahteraan warga sekitar. Penjualan makanan misalnya, warga bisa berkolaborasi dengan warga lainnya untuk membuat kedai atau stan makanan dan menjual makanan khas dari desa tersebut. Penjualan cinderamata juga akan meningkatkan kreatifitas warga sekitar, disamping menumbuhkan prekonomian warga.

Tempat wisata ini juga akan membantu merubah sikap warga itu sendiri seperti dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Ketika lingkungan tidak bersih maka tidak akan ada pengunjung dan otomatis akan mengurangi pendapatan warga, hal ini secara tidak langsung juga akan mengubah pemikiran warga khususnya di desa tentang menjaga lingkungan agar tetap bersih dan rapi.

Wisata desa yang sederhana dan berskala kecil seperti tempat spot foto yang instagramable bisa membantu perekonomian warga sekitar. Inilah pentingnnya memangfaatkan peluang yang ada, ketika perkembangan teknologi semakin pesat serta penggunaan sosial media semakin ramai contohnya instagram, banyak warga yang akan mencari tempat yang menarik untuk foto dan mengisi akun instgram mereka. Dari adanya peluang tersebut banyak bermunculan wisata baru khusunya yang berada di desa. Pembangunan yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar, wisata ini cocok dikembangkan di desa-desa karena akan sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian warga. Tentunnya, dengan bermunculan tempat wisata desa ini, pastinya akan sedikit banyak meringankan beban ekonomi serta tumbuhnya perekonomian warga.

VIDEO PILIHAN