Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen Kalor dan Suhu

3 Januari 2024   11:30 Diperbarui: 3 Januari 2024   11:47 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar anyflip.com

Cerpen Kalor dan Suhu

Di sebuah desa kecil di pegunungan, hiduplah seorang anak laki-laki bernama Andi. Andi adalah anak yang cerdas dan suka belajar. Ia selalu ingin tahu tentang segala hal, termasuk tentang suhu dan kalor.

Suatu hari, Andi sedang bermain di sungai yang mengalir di dekat rumahnya. Ia bermain air di sungai saat cuaca sedang dingin. Ia merasa kedinginan dan akhirnya memutuskan untuk pulang.

Setelah pulang, Andi membaca buku tentang suhu dan kalor. Ia mengetahui bahwa suhu udara di pegunungan lebih dingin daripada suhu udara di dataran rendah. Ia juga mengetahui bahwa kalor dapat berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

Pengetahuan yang diperoleh Andi membuatnya lebih memahami mengapa ia merasa kedinginan saat bermain air di sungai saat cuaca sedang dingin. Ia juga menjadi lebih berhati-hati saat bermain air di sungai agar tidak kedinginan.

Andi kemudian memutuskan untuk melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan pengaruh kalor terhadap benda. Ia mengambil dua buah gelas yang sama ukurannya. Ia mengisi gelas pertama dengan air panas dan gelas kedua dengan air dingin.

Andi kemudian meletakkan gelas pertama di atas meja dan gelas kedua di dalam lemari es. Ia menunggu beberapa saat dan kemudian mengukur suhu air di kedua gelas tersebut.

Andi menemukan bahwa suhu air di gelas pertama lebih tinggi daripada suhu air di gelas kedua. Ia juga menemukan bahwa suhu air di gelas pertama semakin lama semakin turun, sedangkan suhu air di gelas kedua semakin lama semakin naik.

Dari percobaan tersebut, Andi semakin memahami bahwa kalor dapat berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Ia juga memahami bahwa suhu benda dapat berubah seiring waktu.

Andi kemudian menceritakan hasil percobaannya kepada teman-temannya. Teman-temannya pun tertarik untuk melakukan percobaan yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun