Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen Tutorial: Penyakit Asma

10 Desember 2023   15:44 Diperbarui: 10 Desember 2023   16:34 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar pixabay.com gratis 

Cerpen Tutorial: Penyakit Asma

Oleh Mugiarni 

Vivi dan Vita dua sahabat yang tinggal di sebuah desa kecil di Jawa Tengah. Mereka sudah berteman sejak kecil dan selalu bersama-sama dalam suka dan duka.

Vivi adalah gadis yang ceria dan aktif. Ia suka bermain di luar rumah dan berolahraga. Sementara itu, Vita adalah gadis yang lebih pendiam dan pemalu. Ia lebih suka menghabiskan waktunya di rumah untuk belajar.

Suatu hari, Vivi dan Vita sedang bermain di luar rumah saat tiba-tiba Vivi merasakan sesak napas. Ia batuk-batuk dan mengi. Vita yang melihatnya langsung panik dan membawa Vivi ke rumah sakit.

Di rumah sakit, dokter mendiagnosis Vivi menderita asma. Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Gejala asma dapat berupa batuk, sesak napas, mengi, dan dada terasa berat.

Vivi sangat terkejut mendengar diagnosis dokter. Ia tidak menyangka bahwa dirinya menderita penyakit asma. Ia merasa takut dan khawatir akan penyakitnya.

Vita yang mendengar diagnosis dokter juga merasa sedih. Ia tidak ingin Vivi menderita penyakit asma. Ia berjanji akan selalu ada untuk Vivi dan membantunya menjalani pengobatan.

Dokter memberikan Vivi obat-obatan untuk mengendalikan gejala asmanya. Vivi juga dianjurkan untuk menghindari faktor-faktor yang dapat memicu asma, seperti debu, asap, dan asap rokok.

Vivi dan Vita mengikuti anjuran dokter dengan baik. Mereka juga saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun