Mohon tunggu...
Muallifatul khazanah
Muallifatul khazanah Mohon Tunggu... flog blogger

iyaiya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Aspek Filsafat Umum

21 April 2021   16:09 Diperbarui: 21 April 2021   16:10 95 0 0 Mohon Tunggu...

ASPEK FILSAFAT UMUM

Oleh : Muallifatul Khazanah

Abstrak : Para  keilmuan berpendapat, posisi Filsafat merupakan induk semua ilmu pengetahuan. Memberikan sumbangan dan peran  sebagai induk yang melahirkan dan membantu  mengembangkan ilmu pengetahuan hingga ilmu pengetahuan itu dapat hidup dan berkembang. Filsafat membantu  ilmu pengetahuan untuk bersikap rasional dalam mempertanggung jawabkan ilmunya. Pertanggung jawaban secara rasional di sini berarti bahwa setiap  langkah  harus terbuka terhadap segala pertanyaan dan sanggahan  harus dipertahankan secara argumentatif, yaitu dengan argumen-argumen yang obyektif.

Kata kunci : Filsafat umum, pengertian filsafat, Kedudukan filsafat

  • PENDAHULUAN

Filsafat umum membicarakan beberapa tokohnya dalam  suatu  periode tertentu. Tetapi usaha tersebut tidak mudah, banyak menemui kesulitan. Tidak dapat disangka bahwa perkembangan pemikiran filosofis sepanjang sejarah memperlihatkan suatu kesinambungan tertentu. Karena itu mustahil mempelajari filsafat ini tanpa mengetahui perkembangan filsafat sebelumnya. sebab filsafat abad  kita ini meneruskan problematika filosofis yang diwarisi dari zaman terdahulu .tetapi yang lebih khusus dari penyusunan perkenalan filsafat umum beserta tokoh-tokohnya yang dipandang representative. suatu penguraian atau jalan dalam bentuk lain ialah mempelajari pemikiran filosofis menurut berbagai tema yang dibicarakan didalamnya. 

Misalnya mengkaji pemikiran filosofis dengan memakai pedoman pembagian cabang-cabang filsafat seperti metafisika, logika, metodologi, epistemologi, antropologi, estetika dan etika. cara yang cukup memadai untuk menyodorkan deskripsi yang bercorak sistematis. tentu cara  tersebut tidak lepas dari kekurangan. sejauh yang menyangkut cara ini, tidak jarang filosof yang sama harus dibicarakan dalam kerangka metafisika maupun etika bahkan epistemologi, sehingga dari filosof yang bersangkutan kita mendapatkan gambaran yang terpecah-pecah kadang sering kali orang sudah dibuat sinis dengan sebutan filsafat, seolah-olah filsafat sesuatu yang sangat rumit dan membosankan misterius sehingga orang segan untuk mempelajarinya. 

Memang hal itu ada sebab ada aliran-aliran filsafat dan filosofinya yang sukar dimengerti kalau tidak serius mempelajarinya akan tetapi tidak jarang ada filosof-filosof yang mampu merumuskan buah pikir mereka dengan cara yang cukup segar sehingga mudah ditangkap dan dipahami meskipun dalam wujud yang berbeda-beda.

Filsafat memiliki arti bagi kehidupan pribadi dan banyak orang. Dengan adanya filsafat, terutama sesuai dengan tujuan dan cita-cita individu, maka akan membantu kematangan dan kebijaksanaan jiwa terutama bagi  mahasiswa. setiap mahasiswa baik dari jurusan hendaknya memahami dan melakukan latihan berfilsafat secara terus-menerus hingga ketika di masa depan jadi pemimpin akan  mampu  memberikan solusi-solusi yang menentramkan dan  kebaikan bagi umat manusia.

  • PEMBAHASAN
  • Pengertian Filsafat

Secara etimologi istilah filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki arti dari kata falsafah ( Arab), philosophy (Inggris), philosophia (latin) dan  philosophie (Jerman, Belanda dan Perancis). semua istilah itu bersumber pada istilah Yunani philosophia, yaitu philein berarti mencintai dangkan pilos berarti teman selanjutnya istilah  sophos berarti bijaksana,  sedangkan Sophia berarti kebijaksanaan.  Ada dua arti yang sedikit berbeda. pertama, apabila istilah filsafat mengacu pada asal kata philein dan sophos kuma artinya mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana ( bijaksana dimaksudkan sebagai sebagai kata  sifat ). kedua, apabila filsafat mengacu pada asal kata philos dan Sophia artinya teman kebijaksanaan ( kebijaksanaan dimaksudkan sebagai kata benda) Dengan demikian asal mula kata filsafat itu sangat umum. intinya adalah mencari keutamaan mental ( the Pursuit Excelence).

 Secara lughowi (Bahasa) filsafat berarti cinta kebijaksanaan dan kebenaran. Maksud sebenarnya  adalah pengetahuan dari kenyataan-kenyataan yang paling umum dan  kaidah realitas serta hakekat manusia dalam segala aspek perilakunya seperti: logika,etika, estetika dan teori pengetahuan. problem pengertian filsafat dalam  hakekatnya memang merupakan problem falsafi yang kaya dengan banyak konsep dan pengertian.

2.2 Ciri-ciri berfikir kefilsafatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN