M. Taufiq Hidayat
M. Taufiq Hidayat Web Developer and Writer

Seorang Mahasiswa yang Berusaha Mendalami Web Developer dan terus berusaha menjadi Full Stack Developer. Contact Me: mtaufiqh62@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Belajar Bahasa Program? Mulai dari Mana?

12 Januari 2018   09:50 Diperbarui: 12 Januari 2018   10:08 350 1 2
Belajar Bahasa Program? Mulai dari Mana?
Source:Pixabay.com


Dari judul diatas mungkin sudah familiar ditelinga kalian bukan? bagi seorang yang memiliki passion di bidang technology pasti tidak akan lepas dari sebuah bahasa Program. Karena setiap technology yang diciptakan di dunia ini adalah berasal dari Bahasa program, technolgy yang kita gunakan sehari-hari seperti Smartphone kalian , Laptop dan aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya itu dibuat dengan sebuah perintah bahasa program yang terdiri atas syntax-syntax khusus yang terdapat pada setiap bahasa program. 

Facebook, facebook juga terbuat dari bahasa program yaitu bahasa Program PHP ( Hypertext Proprocessor ) bahasa program server side ini adalah bahasa program tingkat tinggi yang sering digunakan untuk mem-Build sebuah web. Tidak usah khawatir jika kalian belum mengerti hal diatas karena kita semua sekarang yang membaca artikel ini sedang berada dalam proses belajar.

"Semakin kita sering belajar dan berlatih kita pasti akan menjadi berhasil" kutipan ini adalah kutipan dari seorang yang pertama kali mengenalkan saya bahasa program dan dari dialah saya mulai tertarik untuk memperdalam bahasa program.  Saya sendiri saat pertama kali melihat bahasa program sedikit agak pusing karena untuk belajar bahasa program kita dituntut menggunakan otak kita.

"Semua orang harus belajar bahasa program , karena dengan belajar pemrograman kita dilatih untuk berfikir" Kutipan dari Steve Job tersebut adalah penyemangat semua programmer di dunia karena orang yang belajar pemrograman pasti tahu dengan Steve Job. kalian tidak usah ragu untuk memulai belajar bahasa program karena tidak bisa hidup jika hanya memperbanyak rencana tanpa merealisasikan rencana itu tidak akan ada gunanya kenapa? itu karena kita hanya terus berfikir.!.

Lakukan saja! jangan takut untuk memulai karena kita yang belajar pemrograman tidak sedikit kita ada jutaan ribu sehingga saat kita terkendala dalam belajar pemrograman kita bisa bertanya pada saudara kita sesama programmer, mulai grub facebook, grub Whatsapp juga Telegram dan masih banyak lagi media yang bisa gunakan untuk bertanya pada saudara kita.

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk memulai belajar pemrograman adalah kenali dulu apa itu pemrograman dan apa gunanya program itu , tidak mungkin kita belajar pemrograman tanpa tahu apa itu pemrograman bagi saya itu adalah kesalahan fatal karena orang yang belajar pemrograman tanpa tahu apa itu pemrograman adalah orang yang tersesat ibaratnya dia seperti masuk pada labirin. 

Kedua adalah pilih satu saja bahasa program terlebih dahulu karena umumnya setiap bahasa program itu sama saja hanya syntax dan fungsinya saja yang membedakan setiap bahasa program yang ada. Jadi saat kita sudah menguasai satu bahasa program dan ingin belajar bahasa program lain kita akan mudah memahami dan menguasainya.

Dan yang terakhir adalah terus berlatih dan buatlah sebuah program yang memudahkan setiap pekerjaan kalian mulai dari program perhitungan seperti kalkulator milik kalian sendiri dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa kalian buat dengan bahasa program karena umunya program itu langkah-langkah yang sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah jadi gunakanlah ilmu pemprograman kalian untuk membangun bangsa kita ini karena kata Eyang BJ Habibie mengatakan pada kita semua generasi penerus bangsa "Utamakan masyarakat dalam hal apapun" jadi kita sebagai programmer cara untuk berpartisipasi ialah dengan membuat program yang dapat digunakan untuk memudahkan setiap pekerjaan masyarakat.

Tidak perlu jauh-jauh melihat contoh lihat saja APLIKASI GOJEK, Gojek adalah aplikasi buatan Anak banga yang menjadi contoh perwujudan dari kata eyang Habibie dengan Gojek kalian pasti tertolong bukan ? sekarang tanpa harus jalan kaki keluar untuk cari ojek tidak perlu dilakukan kita hanya tinggal duduk dan memesan Ojek Online melalui Aplikasinya dan akhirnya Ojek pun datang untuk mengantar kita.

Jadilah generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi negara buatlah sesuatu yang dapat memajukan negara ini, kita tidak boleh tinggal diam dan hanya melihat perkembangan teknologi yang begitu cepat ini, kita harus ikut berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi tersebut sehingga kita dapat menjadi pemuda yang berkualitas. 

Terus Maju Generasi Bangsa jangan pernah  menyerah ! 

 salam MtaufiqH