Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Menyoal Sistem Tilang Elektronik sebagai Upaya Tertib Berlalu Lintas

21 Januari 2021   19:37 Diperbarui: 21 Januari 2021   22:36 89 16 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Sistem Tilang Elektronik sebagai Upaya Tertib Berlalu Lintas
Polisi Mengatut Lalulintas (Kompascom)

Dulu, dulu banget, sering banget cerita tentang polisi yang ngumpet dekat lampu merah. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk menunggu orang yang melanggar lalu lintas, terus diberikan pilihan: mau damai atau ditilang. Dan kebanyakan orang yang melanggar langsung milih damai daripada tambah repot urusan. 

Ada lagi cerita lama, lama banget. Ketika ada orang yang melanggar lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas sudah merah tapi dia masih terus menerobos. 

Ketika di depan nya ada polisi yang menyetop karena pelanggaran yang dilakukan nya dia pasrah saja. Kalau di suruh milih, ya milih damai. 

"Kenapa kamu melanggar lampu lalu lintas? "

Si pelanggat cuma bisa cengengesan. 

"Kamu tidak tahu kalau menerobos lampu merah itu pelanggaran? "

"Tahu, Pak. Semua orang tahu kalau menerobos lampu merah itu melanggar, tapi saya kan gak tahu kalau ada bapak polisi di sini. "

Tidak banyak polisi begitu. Hanya oknum oknum belaka. Tapi wajah polisi secara keseluruhan bisa tercoreng oleh kelakuan oknum tersebut. 

Jendral Listyo akan segera dilantik sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis yang memasuki usia pensiun. Orang hebat yang sekaligus dekat Presiden Jokowi itu telah lolos dengan mulus saat fit and proper test di komisi tiga DPR-RI. 

Salah satu gagasannya yang patut didukung adalah peniadaan penilangan oleh polisi. Tentu hal ini untuk meningkatkan citra polisi yang bersih karena tidak langsung berhubungan dengan masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN