Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis - Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Indonesia Butuh Aplikasi untuk Memaksimalkan Fungsi Otak

23 Juli 2022   14:06 Diperbarui: 23 Juli 2022   14:12 59 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: https://www.shutterstock.com/search/brain-function

Banyak aplikasi berbasis android dibuat di dunia. Awalnya aplikasi seperti itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rekreasi belaka atau bermain game seperti Angry Bird.

Namun kemudian muncul aplikasi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat di perkotaan, seperti aplikasi transportasi untuk commuting, seperti UBER yang muncul kira-kira tahun 2014 (di Indonesia). Belakangan muncul pula aplikasi GOJEK, GOCAR, GRAB, dll.

UBER disebut menghasilkan disruption di mana-mana, di tempat aplikasi ini beroperasi. Disruption karena UBER ini muncul menambah berbagai disruption yang sudah muncul pada berbagai lapangan kerja setelah munculnya Internet di pertengahan tahun 90an.

Internet telah menciptakan beberapa profesi baru yang bisa dilakukan hanya dari rumah saja, atau dari tempat yang sangat jauh. Menyediakan transportasi bagi orang lain (seperti UBER), tiba-tiba bisa diberikan oleh siapapun, bukan hanya oleh taxi driver saja. Tentu ini mengguncangkan dunia per-taxi-an di kota-kota besar di dunia.

Di Australia, UBER driver dikerjakan oleh mereka yang sudah pensiun dari kantor dan masih ingin tetap beraktivitas, tanpa berharap mendapat banyak penghasilan tambahan. UBER driver di Australia banyak yang menyumbangkan penghasilannya kepada mereka yang membutuhkan.

Yang juga cukup mengguncangkan adalah Airbnb, aplikasi yang menyediakan akomodasi bagi mereka yang senang bepergian, berlibur, atau rumah tinggal sementara. Peran perusahaan travel agent seketika dipangkas. Tak ada lagi pemesanan lewat telpon, namun semua melalui automation di aplikasi HP.

Yang tidak kalah menghasilkan disruption adalah aplikasi shopping online. Tiba-tiba orang-orang di wilayah pinggiran kota sekalipun bisa berjualan macam-macam melalui aplikasi shopping online ini.

Bahkan ada yang menjual produk sandal yang terbuat dari ban bekas di shopping online. Padahal mereka sebelumnya hanya bisa menjual produknya kepada orang-orang kampung yang lewat di depan lapak mereka.

Berbagai produk dari home industry ini lumayan membuat kita terkesima dan sekaligus terharu. Betapa teknologi bisa membantu banyak orang memperbaiki nasibnya.

Meski demikian, tetap saja dibutuhkan program pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih banyak lagi yang bisa memperoleh manfaat dari teknologi yang terus berkembang ini.

Namun ada satu aplikasi yang belum muncul di Indonesia, padahal di luar negeri aplikasi ini sudah banyak bermunculan, dan aplikasi ini sebenarnya sangat penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan