Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Selalu saja ada satu cara yang lebih baik, dan lebih baik lagi dengan berbagi

Hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Melampaui Batas Pikiran: Mengungkap Rahasia Fungsi Otak Dominan dengan Konsep STIFIn

16 Maret 2024   06:07 Diperbarui: 16 Maret 2024   07:07 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dengan fondasi kecerdasan genetik yang kuat, kita dapat menggambar peta kesuksesan yang tak terbatas | Image: ideogram

"Dalam petualangan pencarian diri, STIFIn hadir sebagai pemandu andal, membuka jendela luas menuju pemahaman yang mendalam tentang potensi otak dominan, memungkinkan kita untuk menggali kekuatan tersembunyi dan menghadapi tantangan dengan keyakinan yang menginspirasi."

Dalam era dinamika perkembangan pribadi dan profesional, pemahaman yang mendalam tentang fungsi otak dominan telah menjadi kunci untuk mengoptimalkan potensi seseorang. Salah satu konsep yang mendalam dan terbukti efektif adalah STIFIn, sebuah alat tes psikologi unggulan yang memetakan karakter dan potensi individu melalui konsep tentang fungsi otak dominan.

STIFIn, singkatan dari Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting, merupakan sistem operasi pada otak manusia yang menentukan cara individu memproses informasi, mengambil keputusan, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Konsep ini telah dikembangkan sejak tahun 1999 oleh Farid Poniman dan timnya, dan telah melalui lebih dari 20 tahun riset dan pengembangan.

Penerapan konsep STIFIn telah membawa manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari menentukan jenjang karir, membangun bisnis atau investasi, hingga meningkatkan komunikasi interpersonal dalam hubungan pribadi maupun profesional. Bahkan, lembaga-lembaga training seperti KUBIK Leadership telah menggunakan konsep STIFIn dalam program-program pengembangan diri mereka.

Keunggulan STIFIn tidak hanya terletak pada akurasi tesnya, tetapi juga pada aplikabilitasnya yang luas. Dukungan dari Yayasan STIFIn, yang memiliki konsep STIFIn dan alat tesnya sendiri, menjadikan konsep ini dapat diterapkan dengan mudah dan efektif dalam berbagai bidang dan disiplin ilmu. Validitas dan reliabilitas Tes STIFIn juga telah dibuktikan oleh riset independen yang dilakukan oleh para pakar psikometrik dan personaliti.

Sebagai contoh aplikasi nyata, konsep STIFIn telah sukses diterapkan dalam metode Tahfidz STIFIn oleh Rumah Quran STIFIn (RQS). Metode ini memungkinkan santri untuk menghafal Al-Quran dengan tingkat mutqin hanya dalam waktu yang relatif singkat, menggambarkan keefektifan konsep STIFIn dalam mempercepat pembelajaran dan pengembangan keterampilan.

Tes STIFIn sendiri dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menscan kesepuluh ujung jari dalam waktu singkat. Informasi yang didapat dari sidik jari tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan dominasi belahan otak tertentu, yang menjadi sistem operasi dan mesin kecerdasan seseorang.

Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi otak dominan melalui konsep STIFIn, individu dan organisasi dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk mengoptimalkan potensi mereka. Dukungan dari riset-riset ilmiah dan aplikasi praktis yang terbukti sukses menjadikan STIFIn sebagai salah satu alat yang tak ternilai dalam pengembangan diri dan pengelolaan organisasi di era modern ini.

Pertanyaan-Pertanyaan yang Menggugah

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait bagaimana memahami fungsi otak dominan dalam konsep stifin dalam pengembangan diri dan organisasi, adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun