Mohon tunggu...
Mita
Mita Mohon Tunggu... Kerja dari rumah.

Minat yang terlalu sering berubah-ubah

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Tablatur, Cara (Lebih) Mudah Bermain Gitar Klasik

6 Maret 2018   14:43 Diperbarui: 6 Maret 2018   14:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tablatur, Cara (Lebih) Mudah Bermain Gitar Klasik
Adelita sumber dari http://www.guitardownunder.com/_scores/adelita.php

Bermain gitar lebih sulit daripada bermain piano. Ini menurut saya hehe. Dalam gitar, untuk memainkan sebuah not harus sudah melakukan usaha, yaitu memencet senar dengan tangan satu dan memetik senar tersebut dengan tangan satu lagi sampai keluar nada yang diinginkan dengan suara bening dan jelas. Sedangkan piano, tinggal dipencet tuts nya sudah keluar nada yang diinginkan dengan bening dan jelas. Betul kan?

Itu kesulitan pertama. Dalam permainan gitar klasik, kita harus membaca partitur not balok. Mula mula gampang, lama kelamaan bikin nangis. Latihan gitar klasik dimulai dengan belajar memetik senar dengan jari jari tangan kanan. Latihan memencet senar dengan jari jari tangan kiri. Baru deh mulai membaca not balok, berlatih sambil menghafalkan. Setelah itu mencoba keseluruhan sampai lagu yang diinginkan mengalun.  Membutuhkan usaha yang cukup dan ketekunan tersendiri.

Kesulitan dalam membaca not balok ini bisa menghentikan langkah kita untuk lebih mendalami gitar klasik. Seorang murid yang pandai memainkan gitar klasik, petikannya sempurna, penghayatannya bagus, lagu yang dimainkan mengalun indah dan merdu. Tapi pemain tersebut mentok pada level yang sama bertahun tahun karena kesulitan membaca lagu baru yang levelnya lebih sulit. Hal ini mengakibatkan frustrasi dan bisa menyebabkan berhenti bermain karena bosan dengan lagu yang itu itu terus.

Teknik bermain gitar menurut saya seharusnya tidak berhubungan dengan keterampilan membaca not balok.  Seharusnya not balok tidak menghalangi seseorang untuk mengeksplor lagu baru dan teknik gitar yang lebih sulit. Setidaknya untuk pemain gitar amatir, bukan pegitar klasik profesional.  Nah disinilah mengapa tablatur gitar menjadi sangat praktis untuk mulai kembali bermain gitar klasik.

Sekarang di internet bisa dengan mudah didapatkan tablatur lagu lagu gitar klasik. Tinggal search judul lagu plus tab. Untuk lagu Adelita ini saya search dengan "Adelita tarrega tab pdf". Wah kebetulan ada yang lengkap notasi balok dibawahnya ada tablaturnya di web ini.  Beberapa web menjual tab nya, tapi yang gratis juga banyak. Selain itu untuk pemain fingerstyle sangat banyak tablatur dengan lagu lagu populer kekinian.  Bahkan untuk yang susah di download, bisa di printskrin saja.

Juga buku gitar jaman sekarang biasanya menyertakan tablatur dibawah notasi baloknya, sehingga sangat memudahkan.

Cara Membacanya

Cara membacanya mudah sekali. Garis yang 6 buah itu adalah senar. Senar pertama baris yang atas, senar ke 6 yang paling bawah. Angka 12 adalah no fret yang dipencet.Jadi untuk contoh ini nada pertama senar ke 6 lepas tidak dipencet, senar pertama di fret 12. Angka 12 dihubungkan dengan angka 11, maksudnya dari fret 12 harmonics ke fret 11. Lalu pencet senar pertama fret 7. dst.  Sama saja dengan blok blok kord gitar yang beredar dari jaman dulu.  Silakan teruskan sendiri, yang pasti ini lebih mudah daripada membaca not baloknya!

Kekurangan tablatur adalah tidak ada nilai ketukan atau tempo.  Tapi kan ada youtube, semua lagu klasik dengan bermacam macam pemain yang hebat hebat bertebaran.  Tinggal kita tonton dan ikuti tempo dan penghayatan yang mereka mainkan.

Selamat mencoba!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x