Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Jangan Kutip Hadis Panjang, Nanti Artikelmu akan Di-Take Down

16 Mei 2022   22:19 Diperbarui: 18 Mei 2022   06:36 473 22 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: Peringatan ke-3 dalam 2 hari ini

Dalam 2 hari ini, postingan saya di take down oleh mesin otomatis Kompasiana sebanyak 3 artikel. Memang dalam artikel itu ada kutipan. Untuk 2 artikel terkait dengan ibadah setelah Ramadhan di THR Kompasiana, yaitu "Memaknai Kembali Keutamaan Silahturahim di Bulan Syawal" dan "Meningkatkan Sedekah Setelah Ramadhan Berlalu". 

Untuk 2 artikel tersebut saya membutuhkan kutipan hadis-hadis yang cukup panjang untuk menerangkan apa yang saya sampaikan di Artikel tersebut. Saya sudah menyampaikan dalam artikel tersebut, sumber hadisnya. 

Saya rasa, mungkin hadis serupa ada dalam tulisan dan postingan orang lain di media lain. Mengutip hadis tentu tak bisa dipenggal-penggal atau pun dimodifikasi kata-katanya. Mungkin karena mesin menemukan beberapa paragraf sama, langsung menghapus artikel saya dengan tuduhan terindikasi "menjiplak".

Image: Peringatan Pertama dalam 2 hari ini 
Image: Peringatan Pertama dalam 2 hari ini 

Akibat terindikasi mejiplak karena kutipan saya dianggap lebih dari 25% isi artikel, status saya sebagi penulis (Kompasianer) di Kompasiana pun diturunkan dari terverivikasi (centang biru) menjadi tervalidasi (centang hijau)

Di samping 2 artikel yang berkaitan dengan THR Tebar Hikmah Ramadan), hari ini saya juga memposting artikel "Muara Takus; Candi Buddha di Riau" berkaitan dengan Liburan waisak hari ini. Ini pun di take down, karena ada kutipan yang saya ambil dari Wikipedia dan Perpustakaan Nasional.

Image: Artikelyang di take down sore ini
Image: Artikelyang di take down sore ini

Image: Artikel yang di take down malam ini
Image: Artikel yang di take down malam ini
Apakah sebaiknya Artikel untuk Kompasiana ini berupa cerpen dan puisi saja yang tidak memerlukan kutipan referensi? Sehingga kalu puisi atau cerpennya mirip sudah memang pasti plagiat...???

Ataumungkin ini saatnya harus mengucapkan goodbye Kompasiana...???

Wallahua'alam bishowab...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan