Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mempertahankan Budaya Gesit Pada Kinerja Jarak Jauh

17 November 2020   04:40 Diperbarui: 26 November 2020   21:44 97 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mempertahankan Budaya Gesit Pada Kinerja Jarak Jauh
dok. pribadi

Banyak organisasi telah bereksperimen dengan atau bahkan menskalakan kemampuan agile values (kegesitan) sebelum wabah virus Covid-19. Akan tetapi, tidak ada yang siap untuk perubahan mendadak gesit dari jarak jauh.

Bekerja dari jarak jauh telah mengubah tenaga kerja global. Pada 2019, Gallup mensurvei ribuan insan perusahaan dan menemukan bahwa hanya 36% insan perusahaan di Inggris Raya dan Prancis yang merasa perusahaan mereka memiliki pola pikir yang gesit.

Satu tahun kemudian, selama Covid-19, turun menjadi 26% di Inggris dan 28% di Prancis. Jelas, organisasi dengan insan perusahaan yang bekerja jarak jauh sedang berjuang untuk menjaga prinsip-prinsip gesit tetap hidup dan masalah yang meningkat seperti halnya proporsi insan perusahaan yang bekerja jarak jauh. Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa 65% insan perusahaan Inggris bekerja dari rumah, dibandingkan dengan 59% di Prancis.

Pola pikir gesit adalah prasyarat dari praktik yang memungkinkan organisasi yang berpusat pada pelanggan untuk beralih dengan cepat ke pasar produk dan solusi baru berdasarkan kebutuhan pelanggan yang selalu berubah untuk menjadi benar-benar gesit.

Biasanya, tim yang gesit bekerja di "ruang perang" dengan interaksi langsung yang berkelanjutan, menciptakan bersama, dan berkomunikasi di tempat. Ruang perang mendorong keterlibatan dan memungkinkan lingkungan kerja yang sangat produktif, secara alami meningkatkan kemungkinan umpan balik yang tepat waktu dan Gallup menemukan bahwa insan perusahaan dalam tim yang gesit dua kali lebih mungkin dibandingkan orang lain untuk mengatakan bahwa mereka menerima umpan balik dari supervisor mereka setiap hari atau beberapa kali seminggu.

Akibat adanya pandemic Covid-19, ruang perang pun ditutup. Kondisi itu memaksa cara baru dalam melakukan pekerjaan, yaitu gesit jarak jauh, di mana tim harus menyelamatkan manfaat dari struktur tim yang gesit (seperti produktivitas dan keterlibatan insan perusahaan) tanpa memanfaatkan kedekatan fisik.

Hal itu bisa dilakukan, tetapi membutuhkan fokus dengan memaksimalkan penggunaan alat kolaborasi virtual untuk tim jarak jauh: Tim tangkas efisien dan produktif karena mereka "berbicara dalam bahasa yang sama" dan menggunakan alat dan alur kerja yang memungkinkan pekerjaan terbaik mereka. Memindahkan tim ini ke jarak jauh berisiko mengganggu aliran mereka dan memaksa mereka meninggalkan alat mereka.

Untuk menghindari hal ini, organisasi yang beralih ke gesit jarak jauh harus sengaja memilih portofolio alat yang mereplikasi lingkungan kerja tatap muka sedekat mungkin. Misalnya, papan monitor direplikasi secara virtual dan mengelola backlog dengan sama baiknya.

Sebagai alternatif, alat seperti Mural Online sangat bagus untuk menciptakan kembali rasa kolaborasi fisik waktu nyata. Menyulap berbagai alat mungkin tampak sulit, tetapi satu alat tidak mungkin mencapai apa yang disebut "pekerjaan yang harus diselesaikan".

Gallup telah menemukan bahwa insan perusahaan dalam tim gesit dua kali lebih mungkin dibandingkan yang lain untuk mengatakan bahwa mereka menerima umpan balik dari supervisor mereka setiap hari atau beberapa kali seminggu.

Terlepas dari lingkungannya, tim gesit harus berpegang pada ritual gesit dasar, seperti retrospektif sprint dan stand-up harian, untuk mencegah lingkungan kerja mereka menghalangi keefektifan mereka dan untuk membantu melibatkan insan perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x