Mohon tunggu...
Melodya Samira
Melodya Samira Mohon Tunggu... Akuntan - Editor

Gemar menulis dan berbagi informasi tentang apa saja

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengenal Peran Jasa Pengiriman untuk Perusahaan atau Bisnis

28 November 2022   14:59 Diperbarui: 28 November 2022   16:12 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: snglogistic.com

Setiap bisnis atau perusahaan pasti memiliki jasa pengirimannya tersendiri untuk mobilitas usahanya. Baik itu coorporate dengan skala besar, ataupun UMKM yang masih merintis. Dibalik setiap usaha yang mereka lakukan, pasti pengiriman barang adalah kunci berjalannya suatu bisnis.

Hal ini sebenarnya merupakan faktor yang sangat vital, namun kurang mendapat perhatian dari orang banyak. Mengapa disebut vital? Sebab saat bisnis berjalan, jasa logistik atau pengirimanlah yang berperan untuk mendistribusikan setiap barang yang dikomersilkan. Oleh karena itu, pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi, sangat penting untuk diperhatikan.

Mengenal Peran Jasa Pengiriman untuk Perusahaan atau Bisnis

Jasa pengiriman memegang peranan yang sangat penting dalam pendistribusian barang. Karenanya, berhasil atau tidaknya strategi pemasaran, bergantung juga pada kecepatan dan ketepatan dari jasa pengiriman yang dipilih. Hal tersebut menjadi salah satu faktor dari peran jasa pengiriman baik untuk perusahaan ataupun bisnis UMKM.

Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang peran jasa pengiriman, simak pembahasannya berikut ini:

Mendistribusi Barang Agar Tetap Efisien

Agar bisnis atau perusahaan tetap berjalan dengan lancar, tentu distribusi barang harus berjalan dengan tetap efisien. Artinya, pengiriman setiap barang harus dilakukan secara tepat, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena jika tidak, maka akan hadir beragam permasalahan, serta pemborosan dari segi biaya operasional.

Menjaga Margin Bagi Para Pemilik Perusahaan

Beberapa perusahaan atau bisnis yang sudah berkembang, seringkali mengirim barang dalam jumlah dan dimensi yang cukup besar. Untuk mengatasi kesulitan dalam pengiriman barang, beberapa perusahaan tersebut mengambil opsi untuk memilih jasa pengiriman spesialis barang berat.

Jasa pengiriman jenis ini biasanya hanya menerima order untuk mengirim barang di atas 50kg-100kg. Keuntungannya tentu saja adalah biaya pengiriman yang lebih murah. Bahkan, dikutip dari laman SNG Logistic, mereka dapat memberikan layanan pick up gratis untuk barang di atas 500kg. Hal ini tentu akan menekan biaya operasional, serta margin pada setiap perusahaan yang menggunakannya.

Melindungi Citra Perusahaan

Salah dalam memilih jasa ekspedisi untuk bisnis, tentu akan memberi banyak dampak buruk bagi pemiliknya. Sebaliknya, saat jasa pengiriman yang dipilih tepat, hal ini tentu akan menjaga citra baik perusahaan. Pasalnya, saat proses pengiriman barang berjalan dengan lancar, tentu para konsumen akan loyal terhadap perusahaan kita.

Memperluas Jaringan Bisnis Perusahaan

Dengan menggunakan jasa pengiriman terpercaya, tentu distrbusi barang akan menjadi lebih mudah. Baiknya lagi, pengiriman barang pun bahkan dapat dilakukan hingga ke berbagai pelosok daerah. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, bagi orang yang memiliki perusahaan atau bisnis yang sedang dikembangkan. Dengan distribusi barang yang lebih efisien, tentu jaringan yang didapat pun tentu akan lebih luas.

Tips Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat untuk Bisnis Anda

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jasa pengiriman adalah salah satu poin penting dalam berjalannya suatu bisnis. Bagi para pemilik perusahaan atau pemangku kepentingan, tentu tidak bisa asal dalam memilih jasa pengiriman. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman:

  • Pilih jasa pengiriman yang kredibel dan kompeten di bidangnya.
  • Sebaiknya pilih jasa pengiriman dengan jaringan yang luas.
  • Perhatikan layanan pengiriman yang tersedia, baik itu darat, laut, ataupun udara.
  • Pilih jasa pengiriman yang memiliki sistem transparan, baik untuk cek resi, cek ongkir, dll.
  • Perhatikan ulasan dan testimoni dari jasa pengiriman tersebut.
  • Pilih jasa pengiriman terdekat untuk menekan biaya operasional.
  • Pastikan perusahaan tersebut memiliki asuransi yang jelas.
  • Jangan tergiur dengan harga pengiriman yang terlalu murah.
  • Perhatikan keuntungan yang diberikan oleh jasa pengiriman, baik itu promo, pelayanan, packing, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun