Travel Pilihan

7 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Camping di Pantai

11 Oktober 2018   18:07 Diperbarui: 12 Oktober 2018   23:42 342 0 0
7 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Camping di Pantai
Photo by @dwiriyantoo

Camping di tepi pantai tidak kalah seru dengan camping di gunung. Pantai tidak hanya dapat dinikmati pada pagi dan siang hari saja. Bermalam di tepi pantai akan menjadi suatu pengalaman baru dan seru. Pada saat kalian berkemah di tepi pantai kalian dapat bermain gitar didekat api unggun lalu di temani dengan syahdunya deburan ombak dan langit penuh bintang. Namun, sebelum kalian membayangkan keseruan berkemah di pantai ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum berkemah di pantai. Berikut adalah 7 tips sebelum berkemah di tepi pantai:

1. Tentukan Lokasi Pantai yang Aman untuk berkemah

Pada saat kalian berencana ingin mengunjungi pantai untuk berkemah, kalian harus mencari informasi lebih dulu mengenai pantai tujuan. Ada beberapa pantai yang tidak mengijinkan pengunjung untuk bermalam di tepi pantai, karena kondisi pantai yang kadang di lintasi hewan buas yang berasal dari hutan sekitar pantai. Oleh karena itu, demi menjaga keselamatan pengunjung pihak pantai tidak mengijinkan pengunjung untuk bermalam di tepi pantai.

2. Cari Tau Rute Perjalanan arah Pantai Tujuan

Seperti yang aku sudah alami sebelumnya, menyasar akibat ketidaktahuan rute menuju pantai. Sehingga aku dan teman-teman harus berkemah di pantai terdekat yang belum kami ketahui sebelumnya. Untung saja malang menyimpan banyak destinasi pantai yang dapat dijadikan pilihan lain ketika pantai tujuan tak dapat di temukan. Akan tetapi hal ini tentu saja dapat merugikan karena waktumu akan terbuang sia-sia di perjalanan.

3. Buka Ramalan Cuaca

Akan sangat merepotkan bila terjadi hujan pada saat kalian ingin berkemah di pantai. Sebab dipantai sangat jarang tempat berteduh dan tenda kalian pun tidak akan kuat menahan hujan lebat. Maka akan lebih baik kalian membuka ramalan cuaca terlebih dahulu sebelum kalian memutuskan untuk berkemah di pantai tujuan.

4. Pastikan Bekal Makanan dan Minuman Cukup

Bila kalian berkemah disatu pantai yang masih sepi dan tidak ada pedagang kalian harus membawa perbekalan yang banyak dan cukup sampai kalian kembali pulang. Makanan instant biasanya menjadi pilihan terbaik jika ingin berkemah, karena penyajiannya yang sangat mudah. Minuman yang banyak untuk mengindari kalian dehidrasi dan meminum air laut :)

Photo by Bro Bali
Photo by Bro Bali
5. Pastikan Peralatan dan Perlengkapan Sudah di Bawa

Ingat! kalian ini ingin berkemah, dimana semua yang kalian butuhkan harus kalian sendiri yang persiapkan dan pastikan. 

Peralatan dan Perlengkapan yang harus dibawa saat berkemah, yaitu:

  • Survival Kit (P3K, Pluit, Pisau Lipat, Lilin, Korek dan Lampu)
  • Alat Masak, Makan dan Minum (Kompor kecil, Panci kecil, Piring dan Gelas)
  • Alat Tidur, Camp (Tenda, Matras, Sleeping Bag dan Lampu)
  • Alat Kebersihan dan Kesehatan (Obat, Sabun, Shampo, Odol, Trash Bag dan Handuk)
  • Perlengkapan Pribadi (Pakaian, Handphone, Kamera dan Kartu Identitas)
  • Logistik (Makanan dan Minuman)

6. Cari Tau Harga Tiket dan Biaya Berkemah

Biasanya pantai-pantai yang mengijinkan pengunjung untuk berkemah mempunyai tarif tersendiri untuk berkemah. Oleh karena itu, agar tidak melebihi budget cari tau terlebih dahulu harga tiket masuk dan biaya berkemah di pantai tujuan.

7. Lokasi Mendirikan Tenda

Bila kalian sudah memenuhi ke enam tips diatas, kalian juga perlu mengetahui tips terakhir ini. Lokasi mendirikan tenda harus sangat di perhatikan. jika kalian mendirikan tenda terlalu dekat dengan laut akan beresiko tenda kalian akan terbawa ombak. Jika ingin mendirikan tenda titik idealnya adalah di dekat semak atau pohon. Karena pepohonan dan semak-semak tersebut jadi indikator bahwa air laut tidak mencapai daerah tersebut. 

Itulah beberapa tips sebelum kalian melakukan camping di pantai. Pastikan sampah yang kalian hasilkan di bawa pulang yah. Agar pantai yang kalian inapi tetap terjaga keindahanya.

oh iya, buat kalian yang ingin tau destinasi pantai-pantai yang keren kalian bisa tuh buka salah satu web travel baru sepertinya. Karena setau aku itu merupakan web travel planner gitu. Jadi terdapat banyak informasi tentang destinasi-destinasi keren di Indonesia dan kalian bisa merencanakan sendiri liburan kalian. Mantap kan? Menurut aku itu lumayan membantu banget buat para traveler merencanakan perjalanannya. 

Biar lebih mudah kalian bisa langsung Klik di sini!

See Ya!!