Mohon tunggu...
Medio Podcast Network
Medio Podcast Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Masih Takut Ngomong sama Atasan? Tulisan Ini Wajib Kamu Baca!

6 Desember 2022   15:10 Diperbarui: 6 Desember 2022   16:03 595
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Alifia Riski Monica

Ketika berinteraksi dengan atasan, tak jarang banyak karyawan masih takut salah hingga tak berani untuk menghadapi atasannya. Ketakutan bisa muncul karena memang sifat atasan yang menyebalkan, atau justru datang dari diri sendiri.

Kita harus bisa mengatasi rasa ketakutan itu, sebab jika dibiarkan terlalu lama akan menghambat proses komunikasi dan alur kerja kita di kantor. Butuh kesabaran ekstra dan tekad yang kuat untuk menghadapinya dengan baik.

Tak hanya melunturkan tanggung jawab yang diemban, bekerja dengan baik juga bisa meningkatkan skill dan hubungan baik dengan atasan. Vicario Reinaldo akan menceritakan bagaimana membangun hubungan kerja yang lebih baik, lewat siniar Obsesif bertajuk "Membangun Relasi dengan Atasan

Mengenal dan memahami sifat atasan berarti kita juga harus memahami diri sendiri. Kita perlu menghargai tujuan dan tekanan atasan, berikut kekuatan dan kelemahannya. Pahami tujuan dan gaya bekerjanya.

Harvard Business Review mengatakan, kenalilah atasan mulai dari hal kecil. Contohnya, apakah atasan kita suka mendapatkan informasi melalui memo, rapat formal, atau telepon? Apakah ia berkembang saat adanya konflik atau mencoba meminimalisasinya?

"Minimal kita perlu menghargai tujuan dan tekanan atasan. Tanpa informasi ini, kita akan kebingungan dan masalah tidak dapat dihindari," tulis John J. Gabarro dan John P. Kotter.

Peran komunikasi merupakan salah satu peran penting dalam mendukung suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Komunikasi yang baik akan membangun hubungan baik antarpekerjanya. 

Komunikasi yang terjalin antar atasan dengan bawahan merupakan contoh dari komunikasi interpersonal yang terjadi dalam lingkup pekerjaan. Kevin Hogan mengatakan bahwa komunikasi interpersonal sangatlah penting karena dengan menggunakan komunikasi tersebut. Kita dapat menemukan tujuan dan kebahagiaan di alam semesta yang berupa ide-ide. 

Melansir Career Addict, berikut tips menjalin komunikasi efektif dengan atasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun