Optimalisasi Peran Komunitas Belajar sebagai Upaya Peningkatan Capaian Belajar Peserta Didik
                        Oleh:Maya Inggrid Ch.Selat
A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Seorang kepala sekolah harus memiliki model kompetensi yang memadai dalam mengelola satuan pendidikan. Berdasarkan Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, kompetensi tenaga kependidikan dibagi menjadi tiga, yaitu:
- Kompetensi Kepribadian: Kemampuan kepala sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.
- Kompetensi Sosial: Kemampuan kepala sekolah untuk memberdayakan warga satuan pendidikan, berkolaborasi dengan warga satuan pendidikan dan masyarakat, serta terlibat dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan.
- Kompetensi Profesional: Kemampuan kepala sekolah untuk mengembangkan visi dan budaya belajar satuan pendidikan, menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta mengelola sumber daya secara efektif, transparan, dan akuntabel.
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah adalah kompetensi profesional, yang mencakup pengelolaan Komunitas Belajar (Kombel) dalam satuan pendidikan berbasis data.
Di SMKN 1 Siau Timur Selatan, komunitas belajar telah dibentuk sejak tahun 2023. Namun, komunitas belajar ini belum berjalan secara aktif karena beberapa kendala utama, yaitu:
- Kesulitan guru dalam menyediakan waktu untuk berpartisipasi secara aktif.
- Program yang disusun oleh komunitas belajar belum sepenuhnya berbasis data, sehingga hasil yang dicapai belum maksimal.
Setelah mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kepala sekolah, saya menyadari bahwa optimalisasi kembali komunitas belajar di sekolah menjadi langkah strategis untuk meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelolaan komunitas belajar secara maksimal guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.
2. Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk:
- Memaksimalkan peran komunitas belajar dalam upaya meningkatkan capaian belajar siswa di SMKN 1 Siau Timur Selatan.
- Mengoptimalkan pengelolaan komunitas belajar berbasis data agar memberikan dampak lebih besar terhadap pembelajaran.
- Meningkatkan keterlibatan guru dalam komunitas belajar sehingga program yang dirancang dapat diimplementasikan dengan baik.
3. Sasaran Kegiatan