Mohon tunggu...
Resa Maulana Wijanarko
Resa Maulana Wijanarko Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atmajaya Yogyakarta

Gamer, Fotografer, Video Editor. Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pascasarjana UAJY Kembangkan Program Studi Multidisiplin

29 Oktober 2020   00:16 Diperbarui: 29 Oktober 2020   00:20 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pascasarjana UAJY Kembangkan Program Studi Multidisiplin
Penjelasan Program Magister Komunikasi oleh Dr. Lukas S. Ispandriarno, M.A. | Dokumentasi Pribadi.

Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya (UAJY) berencana mengembangkan program studi multidisiplin untuk menghadapi kemajuan zaman. Hal itu disampaikan oleh Direktur Program Pascasarjana UAJY Dr. Ir. A. M. Ade Lisantono, M.Eng. pada konferensi pers virtual Rabu (21/10).

Konferensi pers itu juga menghadirkan beberapa Kepala Prodi Magister, yaitu Kaprodi Magister Teknik Sipil Dr. Ir. Imam Basuki, M.T., Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Dr. Lukas S. Ispandriarno, M.A. dan Kaprodi Magister Teknik Industri Dr. Parama Kartika Dewa Soetrisna Putra, S.T., M.T.

"Nanti kami hanya akan mengelola prodi S2 dan S3 yang multidisiplin. Nanti program monodisiplin akan ditarik ke fakultas. Sekarang kami sedang membentuk tim studi kelayakan prodi S2 multidisplin," kata Ade.

Pascasarjana UAJY berencana mendirikan lima prodi multidisiplin. Lima prodi itu adalah Prodi Magister Kebencanaan, Magister Kecerdasan Buatan, Magister Infrastuktur, Magister Pariwisata, dan Magister Ketahanan Pangan.

Kegiatan belajar mengajar di berbagai prodi multidisplin itu akan melibatkan dosen pakar dari berbagai bidang keilmuan. Prodi Kecerdasan Buatan, misalnya, akan melibatkan pakar dari bidang hukum, informatika, kedokteran, biologi, dan pertanian.

Profil Pascasarjana UAJY

Cikal bakal Program Pascasarjana UAJY sudah ada sejak tahun 1993. Tahun itu UAJY membuka program studi Magister Manajemen. Pada tahun-tahun awal, progam pascasarjana ini beroperasi di gedung Bank Lippo Jalan Sudirman Yogyakarta.

Kemudian kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke Kampus Babarsari pada Juni 1995. Hal itu karena minat besar masyarakat untuk belajar di prodi pascasarjana ini tak bisa tertampung di gedung lama.

Pada 1997 UAJY membuka prodi Magister Teknik. Tahun itu juga, program magister UAJY berganti nama menjadi Program Pascasarjana. Lalu, tahun berikutnya UAJY mendapat izin membuka beberapa prodi pascasarjana lain.

"Kami ingin menjadi institusi pendidikan pascasarjana yang berjiwa unggul, inklusif, humanis dan berintegritas serta mampu memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik," kata Direktur Program Pascasarjana UAJY Ade Lisantono.

Untuk mencapai visi itu, Program Pascasarjana UAJY fokus melakukan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Selain itu, Pascasarjana UAJY juga berusaha menyelenggarakan tata kelola berlandaskan semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN