Mohon tunggu...
Anisa Fauziyah
Anisa Fauziyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Masyarakat dan Komunnikasi Digital UNJ 2023

Nama saya Anisa Fauziyah, saya merupakan mahasiswa prodi Humas dan Komunikasi Digital Universitas Negeri Jakarta angkatan 2023. Saya sangat suka mendengarkan musik dan juga menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Fotografi Kehumasan dalam Program Studi Humas dan Komunikasi Digital UNJ

26 Maret 2024   12:15 Diperbarui: 26 Maret 2024   12:16 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Jakarta, 26 Maret 2024 - Fotografi kehumasan merupakan salah satu mata kuliah penting dalam program studi Humas dan Komunikasi Digital Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Dalam program studi Humas dan Komunikasi Digital UNJ, saya dapat banyak sekali pengetahuan mengenai fotografi. Mulai dari sejarah fotografi, jenis-jenis kamera, alat bantu fotografi, dan cara menggunakan kamera tentunya. 

Selain itu, saya juga belajar mengenai etika dalam fotografi kehumasan. Seperti, mempelajari bagaimana menghormati privasi individu dan menghindari manipulasi gambar yang dapat menyesatkan publik. Etika dalam fotografi kehumasan sangat penting agar pesan yang disampaikan tetap jujur dan dapat dipercaya oleh publik. 

Mata kuliah fotografi kehumasan ini hadir saat saya memasuki semester 2, awalnya saya merasa bahwa fotografi itu sulit, karena sebelumnya saya tidak memiliki pengalaman dalam bidang fotografi. Tetapi ternyata setelah dipelajari lebih dalam lagi, fotografi itu sangat menyenangkan. Karena, dalam fotografi kita dapat mengabadikan momen dengan komposisi yang lebih menarik. 

Untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang fotografi ini, saya diberikan tugas untuk memotret sebuah brand atau perusahaan, untuk tugas ini saya memutuskan untuk mengambil gambar-gambar di TipTop Swalayan.  Tugas ini merupakan salah satu tugas yang menarik untuk saya lakukan selama saya berkuliah di program studi Humas dan Komunikasi Digital UNJ karena, saya jadi paham bagaimana cara mengambil angle gambar yang bagus dan cara menentukan warna untuk menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas.

Dengan adanya pemahaman yang baik tentang fotografi kehumasan, saya selaku mahasiswa program studi Humas dan Komunikasi Digital UNJ tentunya akan siap untuk berkarir di bidang komunikasi, periklanan, maupun media massa. Dengan begitu, saya bisa menjadi profesional yang mampu menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan-pesan yang kuat dan dapat mempengaruhi opini publik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun