Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pelajari Alur Pendaftaran CPNS 2019 Sebelum Daftar

2 November 2019   01:01 Diperbarui: 2 November 2019   01:23 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pelajari Alur Pendaftaran CPNS 2019 Sebelum Daftar
Sumber: screnshoot Tweet @BKNgoid

Pendaftaran cpns tahun 2019  yang menurut jadwal akan dibuka pada tanggal 11 Nopember 2019 membuat para calon pendaftar sibuk menyiapkan syaratnya. Jika anda termasuk yang ingin mendaftar calon pendaftar cpns 2019, maka pelajari dahulu alur tata cara pendaftarannya. Cari pengalaman minimal membaca dari situs pemerintah yang resmi dan minta pengalaman juga dari peserta tahun lalu lolos tes cpns.

Membaca grafik infografis alur pendaftaran cpns 2019 dari tweet @BKNgoid bisa kita pelajari bahwa saat kita mendaftar nanti melalui portal SSCASN Mulai tanggal 11 November 2019. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Membuat Akun SSCN ini adalah langkah pertama anda jika ingin sukses daftar cpns 2019 dan harus berhasil. Jika sudah sukses membuatnya silahkan login menggunakan NIK dan pasword yang telah anda buat, pesan saya waktu membuat akun tulis paswordnya agar tidak lupa karena membuat akun ini hanya sekali memakai nomor NIK Kita.

Setelah berhasil login tugas kita selanjutnya adalah melengkapi biodata pribadi kita unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun, dilanjutkan memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Maksudnya sesuai pendidikan disini saya contohkan ijasah sarjana pendidikan S1 PGSD kita memilih formasi Guru Kelas SD, jangan memilih Guru Agama nanti tidak linear atau valid.

Tahap alur pendaftaran cpns 2019 selanjutnya adalah upload atau unggah dokumen sesuai syarat dan ukuran file yang diminta. Karena setiap instansi memiliki syarat yang berbeda, yang umum biasanya adalah surat lamaran, foto berwarna kita, Scan KTP, Ijasah dan transkip nilai. Ikuti aturan yang diminta dalam akun kita dan unggah jika dirasa sudah benar semua.

Cetak kartu pendaftaran SSCN 2019  sebagai bukti bahwa anda telah mendafyar dan simpan baik-baik. Semua kegiatan pendaftaran cpns 2019 ini diharapkan saat daftar menggunakan PC atau Laptop agar berhasil dengan sempurna saat mendaftar. Setelah itu tunggu verifikasi pendaftaran dari admin instansi masing-masing untuk dinyatakan lolos administrasi pendaftaran atau ditolak perbaikan. Proses perbaikan masih bisa dilakukan selama dalam tahap simpan data. Setelah submit atau kirim data lamaran maka sudah tidak dapat diubah lagi.

Saran saya lakukan pendaftaran cpns 2019 ini menggunakan PC atau Laptop dan keadaan koneksi jaringan full saat unggah dokumen agar berhasil upload sempurna. Semoga tulisan ini bermanfaat dan pelajari dahulu sebelum daftar, karena kesempatan jarang datang dua kali. Manfaatkan kesempatan daftar cpns tahun 2019 inj dengan baik. Belajar dan berdoa serta minta restu orang tua saat tes ini menjadi suport yang mujarab. Selain itu cek lokasi tes anda sehari sebelum hari H tes cpns 2019. agar waktu anda tidak habis kebingungan mencari lokasi saat akan tes dihari itu.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x