Mohon tunggu...
Marlon Melaira
Marlon Melaira Mohon Tunggu... Guru - guru

bermain sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1. Best Practices

1 Oktober 2022   08:56 Diperbarui: 1 Oktober 2022   12:08 568
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP NEGERI 5 SERAM BAGIAN TIMUR

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Tujuan yang ingin dicapai

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN DENGAN BUKTI YANG MENDUKUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADUKAN DENGAN MODEL TS-TS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

Penulis

SRI WAHYUNI LESSY, S.P d

Tanggal

PPL Aksi ke- 1 : 1 SEPTEMBER 2022

PPL Aksi ke- 2 : 15 SEPTEMBER 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah

 

1.  Minat membaca siswa rendah

2. Kemampuan memahami bacaan (fiksi maupun non fiksi ) rendah

3. Membaca belum menjadi budaya

4. Daya serap siswa kurang

5. Siswa jenuh karena proses pembelajaran monoton

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

 

  • Untuk menunjukkan praktik baik yang sudah dilakukan, berbagi pengalaman kepada orang lain, serta memotivasi guru lain untuk berbuat yang terbaik untuk siswa
  •  Dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran  yaitu:
  • Model dan metode pembelajaran lebih bervariasi
  • Pembelajaran lebih menarik
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga tidak membosankan dan menarik perhatian siswa
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik
  • Saat proses pembelajaran berlangsung, siswa lebih fokus
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.

 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini, yaitu:

 

  • Membuat rancangan  perangkat RPP, bahan ajar, LKPD, PTT, serta evaluasi pembelajaran aksi 1 dan aksi ke- 2 dengan memperoleh bimbingan dari dosen , guru pamong serta berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa PPG
  • Mengunggah perangkat pembelajaran PPL aksi ke-1 dan ke- 2 pada LMS
  • Melaksanakan PPL Aksi ke-1 dan ke-2 berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah dibuat.
  • Mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL ke- 1 dan ke- 2
  • Mengunggah video original ( tanpa editing ) pada LMS
  • Mengunggah video yang sudah diedit berdurasi 15 menit pada LMS
  • Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tantangan: 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan dalam mencapai tujuan, yaitu:

   Proses pembelajaran

  • Sarana prasarana yang kurang memadai
    • Pengalaman guru yang terbatas
    • Siswa terbiasa dengan proses pembelajaran monoton.

    Proses perekaman

  • Ketersediaan alat perekam video yang kurang berkualitas dan kurang memadai

    Proses mengompres video

  • Proses mengopres video terkendala hp dan laptop

    Proses editing

  • Proses editing terkendala kemampuan saya dalam memahami IT

    Proses upload

  • Proses upload video ke google drive terkendala kondisi jaringan yang tidak stabil.

Yang terlibat dalam PPL Aksi ke-1 dan ke- 2, yaitu: 

 

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.
    • Guru sebagai fasilitator
    • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan PPL Aksi ke- 1 dan ke- 2.
    • Kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu dan mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Aksi: 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan, yaitu:

   Proses pembelajaran

 

  • Koordinasi dengan kepala sekolah, wawancara, dan mengkaji literatur, serta merumuskan solusi

    Proses perekaman

  • Menyediakan alat perekam video yang lebih baik

    Proses mengompres video

  • Menyiapkan hp dan laptop untuk proses mengompres video

    Proses editing

  • Meminta petunjuk dari teman yang lebih memahami cara pengeditan video sehingga saya bisa mengedit sendiri video pembelajaran.

    Proses upload

  • Saat mengupload video ke google drive, saya pastikan untuk ke tempat yang kondisi jaringannya baik/stabil.

Strategi apa yang digunakan?

Strategi yang digunakan yaitu pemilihan model dan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik materi, penyediaan LKPD dan penilaian

Dalam pembelajaran aksi ke- 1 dan ke- 2 , model yang digunakan yaitu  model Discovery Learning dipadukan dengan model TS-TS, berbantuan media audio visual, dengan pemaparan materi melalui PPT.

Bagaimana prosesnya?

Dari strategi yang digunakan, maka proses pembelajaran dengan menggunakan model Two Stay Two Stray , proses pembelajaran diawali dengan guru menayangkan  sebuah video pembacaan cerpen pada bagian apersepsi, guru menanyakan kepada siswa apa yang dibacakan oleh model ( guru mata pelajaran)dalam video untuk memancing siswa mengetahui pembelajaran hari ini.

(Pemanfaatan media audio visual)

Selanjutnya, Pemberian rangsangan dan berkelompok

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Guru membagikan teks cerpen yang berjudul "Sang Jenius dari Indonesia Timur" serta LKPD kepada tiap-tiap kelompok dan Guru memberikan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan yang diberikan mengarahkan siswa untuk dapat menemukan unsur-unsur pembangun cerpen.(tema,alur,plot,tokoh dan penokohan,sudut pandang, gaya bahasa,dan amanat) dari teks cerpen yang dibaca atau didengar

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Guru memberikan penjelasan melalui PPT tentang unsur pembangun karya sastra ( cerpen) untuk mengarahkan peserta didik menyelesaikan LKPD

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Peserta didik( dalam kelompok) membaca cerpen berjudul "Sang Jenius dari Indonesia Timur" yang dibagikan oleh guru

 Peserta didik(dalam berkelompok) menentukan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen berjudul "Sang Jenius dari Indonesia Timur". ( Nilai karakter : rasa ingin tahu, jujur,tanggumg jawab, percaya diri dan pantang menyerah)  Pembelajaran HOTS

Mengkomunikasikan

Dua orang siswa berkunjung ke kelompok lain untuk mencari dan menemukan informasi baru.

Dua orang tinggal dalam kelompok memaparkan hasil diskusi mereka kepada dua tamu dari kelompok lain.

Sikap penuh percaya diri dan komunikatif

Dua siswa sebagai tamu kembali ke kelompok masing-masinguntuk memaparkan informasi yang ditemukan dari kelompok lain kepada dua teman yang tinggal dalam kelompok.

  • Siswa dalam kelompok berdiskusi membahas informasi yang ditemukan, apakah terdapat persamaan atau perbedaan.

Mempresentasikan

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di hadapan kelompok lain untuk menyamakan pendapat ataumenyelesaikan perbedaan pendapat

Peserta didik mengumpulkan LKPD

Peserta didik menerima umpan balik dari guru terkait proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan penguatan.

  • Peserta didik memperbaiki pekerjaannya berdasarkan masukan dari guru

Peserta didik  membuat butir-butir simpulan tentang mengidentifikasi unsur pembangun teks cerita pendek.

Peserta     didik     melakukan     refleksi                kegiatan pembelajaran.

Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca.

Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.

Siapa saja yang terlibat ?

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran unsur pembangun cerpen
    • Guru sebagai fasilitator
    • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan PPL Aksi ke- 1 dan ke- 2.
    • Kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu dan mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Apa sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi?

Sumber daya atau materi yang perlukan berhubungan dengan alat dan bahan diperlukan dalam proses pembelajaran yaitu :

Infokus,PPT, bahan ajar, LKPD,media audio visual yang sudah disiapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan?

Dampaaknya yaitu terlihat adanya perubahan yang terjadi pada tingkah laku, keterampilan, dan karakter siswa,setelah diterapkannya aksi.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? 

Berdasarkan ketercapaiaan tujuan dan juga hasil penilaian baik penilaian proses maupun penilaian produk, terlihat hasilnya efektif.

Mengapa? Bagaimana respon orang lainterkait dengan strategi yang dilakukan?

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah maupun teman sejawat, respon mereka terkait strategi yang dilakukan yaitu mereka sangat memberikan apresiasi terhadap aksi yang dilakukan, karena berdampak positif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memberikan pengalaman baik bagi teman-teman guru dalam menerapkan model dan metode pembelajaran serta media yang menarik sehingga proses dan hasil dapat sesuai dengan harapan .

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

  • Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukaan yaitu, proses aksi yang berlangsung dengan lancar sesuai dengan yang sudah dirancang di dalam perangkat RPP, serta segala kebutuhan seperti bahan ajar, LKPD, PPT, Media audio visual semuanya sudah disiapkan dengan matang dan dimanfaatkan sesuai langkah-langkah pembelajaran.
    • Dukungan kepala sekolah dan teman sejawat sangat luar biasa dalam pelaksanaan aksi ke-1 maupun ke- 2

Namun demikian, tentu ada hambatan -- hambatan dalam proses mengupload video yaitu ganggguan jaringan dan keterbatasan kemampuan IT yang saya miliki.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan prose ini yaitu untuk mengajar dengan baik,perlu menganalisis permasalahan yang dialami siswa, menganalisis solusi, membuat perencanaan dengan baik dan matang, serta melaksanakan pembelajaran sesuai perencanaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun