Mohon tunggu...
Inovasi

Pengaruh Media Sosial Instagram Sebagai Konten Media Promosi

19 Juli 2018   19:34 Diperbarui: 19 Juli 2018   20:15 8597
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Seiring berkembangnya zaman di era globalisasi sekarang ini, ternyata tidak hanya perkembangan teknologi menjadi canggih dan pesat, namun banyak manusia sekarang ini yang menjadi modern dan serba mudah dalam mengakses segala hal apapun. 

Mereka dapat menggunakan teknologi komunikasi dan informasi terkini untuk berkomunikasi satu sama lain. Penggunaan media internet berkembang dengan cepat hingga menjadi bagian terpenting dalam bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berbagai macam inovasi mulai dikembangkan sedikit demi sedikit dengan kecanggihan teknologi informasi sekarang ini yang melahirkan sebuah konten.

Apa itu konten ?

Konten media merupakan berbagai segala bentuk konten atau isi dalam sebuah media di dunia teknologi yang ada pada saat ini seperti blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, pin, gambar digital, video, file audio,iklan hingga berbagai bentuk konten media lainnya yang terbentuk melalui buatan dari para pengguna sistem atau layanan online yang seringkali dilakukan lewat sebuah situs media sosial.

Di dalam sebuah konten terdapat seseorang yang menciptakan dan membuat sebuah konten, yang disebut dengan content creator dan content creation. Content creator itu sendiri lahir dari tren website dan sosial media yang menjadikan munculnya tren baru sebagai content creator yang mampu menciptakan ide kreatif yang kemudian diolah menjadi sebuah konten yang semenarik mungkin. 

Salah satunya pembuatan konten yang terjadi di Indonesia membuat para pelaku bisnis yang memiliki leluasan dalam memilih media dan format apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pesannya kepada konsumen. Salah satu format yang paling diminati oleh pemilik online shop yaitu dalam bentuk gambar atau foto.

Dengan adanya pembuatan konten dalam bentuk gambar atau foto merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia dimana dalam mengonsumsi berbagai jenis gambar atau foto ini kebanyakan melalui media sosial Instagram. 

Karena di Instagram lah gudangnya sebuah gambar atau foto yang dapat diunggah dan mudah diakses bagi semua orang yang melihatnya. Instagram telah menjadi salah satu aplikasi paling diminati oleh para pengguna smartphone.  

Instagram merupakan sebuah aplikasi gratis untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video tersebut. Dan dapat berbagi pada layanan jejaring sosial yang lainnya.  Instagram banyak diminati semua kalangan tanpa terkecuali artis dari mancanegara, selebgram yang merupakan sebuah sebutan artis khusus di media sosial Instagram dan bahkan para pemilik online shop.

Online shop ini telah merajalela adanya di Instagram dengan semakin berkembangnya bisnis dan semakin meningkatnya kebutuhan di masyarakat. Saat ini online shop tengah digandrungi masyarakat. Hanya perlu terhubung dengan internet untuk melakukan transaksi jual beli secara online. 

Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang ini, gadget atau smartphone pun sudah bisa digunakan untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Apa itu Online Shop ?

Online shop adalah toko belanja online yang terdapat di jejaring internet dan kemudian terjadilah kegiatan transaksi  jual beli secara online. Namun saat ini semakin banyaknya bisnis online, sehingga Instagram penuh dengan berbagai macam online shop. Padahal dulu Instagram hanya digunakan sebagai konten media eksistensi diri saja, tetapi

Instagram saat ini tidak hanya digunakan untuk yang menyukai fotografi atau foto semata. Tetapi Instagram juga menjadi fungsi yang bermanfaat untuk memasarkan sebuah produk agar dikenal lebih luas oleh khalayak. Melakukan bisnis online shop di Instagram dapat dilakukan oleh siapa dan dimana saja karena hanya dengan bermodalkan gadget dan smartphone.

Para pelaku bisnis online mengaku lebih mudah memasarkan produknya kebanyakan melalui Instagram karena sasaran target pertama adalah orang yang paling dekat dengannya. Dan bisa juga melalui teman yang awalnya dari mulut ke mulut sambil menunjukan akun Instagram. Komunikasi tersebut sangat efektif bagi para penjual, karena dengan adanya media Instagram semakin mudahnya penjual menunjukkan foto atau katalaog barang jualannya. Dalam hal ini secara tidak langsung proses tersebut membentuk suatu rangkaian komunikasi pemasaran.            

Kelebihan spesifik online shop menggunakan media Instagram adalah pasar yang melek teknologi. Salah satu kelebihan berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah terjamin melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook. 

Karena itu, sangat tepat bila mempromosikan produk melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial lainnya, pengguna Instagram pastilah memiliki gadget dan smartphone mahal yang mendukung aplikasi tersebut seperti iPhone, Android, dan sebagainya. Ini berarti

Instagram menunjukkan bahwa memiliki pengguna yang rata-rata kelas menengah ke atas. Hal ini menguntungkan bagi para penjual, karena calon konsumen atau pembeli kemungkinan besar mempunyai kantong yang cukup besar.

Instagram memang digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, video dan fitur-fitur yang tersedia sehingga dapat mendukung sebuah konten dimana gambar produk yang di upload didalamnya terlihat menarik dan sederhana. 

Begitu juga di Instagram kebanyakan fotonya menggunakan hashtag (#). Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan hashtag (#) agar memudahkan calon konsumen atau pembeli menemukan produk yang diinginkannya dalam sebuah akun Instagram online shop. Instagram pada perkembangannya menjadi sahabat terbaik bagi para pemilik online shop untuk pemasaran produk yang mereka miliki.

Banyak barang dan produk yang dapat dijadikan online shop di Instagram, diantaranya seperti berjualan pakaian, kosmetik, makanan, sepatu, tas, dan lain-lain. Sebagai contoh, disini ada seseorang yang mempunyai bisnis online yang memasarkan barang dan produknya melalui online shop di Instagram yaitu berupa pakaian. Nama online shop nya adalah Win shop. Jika dilihat, banyak yang tertarik untuk membeli di online shop nya. 

Karena pemilik akun online shop tersebut mengaku bahwa untuk pengambilan barang-barangnya kebanyakan dari merek yang ternama dan harganya juga standar. Jadi yang sudah berlangganan, tentu puas dan tidak kecewa. Yang dijual di online shop ini diantaranya terdapat pakaian anak, pakaian dewasa, dan sebagainya. 

Dengan berbisnis online shop ini, pemilik akun tersebut mengatakan bahwa hasil uangnya bisa digunakan sebagai pemasukan kebutuhan sehari-hari dan dapat meringankan biaya orang tuanya. Karena bisnis online shop ini sangat praktis dan tidak susah untuk dilakukannya.

DAFTAR PUSTAKA :

ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

wiki/Instagram

sharingdisana.com

wiki/Konten media

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun