Mohon tunggu...
#opini
Raden Adil
Raden Adil
15 November 2019 | 1 jam lalu

Berbuat Baik Sekadar Pingin Dipuji Hingga Menjadi Kebiasaan

Tau gak sih apa itu kebaikan? Pernah ngga dibilang, "Kamu baik, deh" atau "Makasih ya udah bantu, baik banget deh." setelah lo melakukan hal yang baik

Humaniora
8
1
0
Stop Konflik Baru dengan Peace Journalism
Firza Maulana
Firza Maulana
15 November 2019 | 5 jam lalu

Stop Konflik Baru dengan Peace Journalism

Sentral dalam memberi informasi dan tidak menimbulkan provokatif terhadap subjek kejadian, menjadi tugas jurnalisme damai. Kehadiran jurnalisme damai

Kotak Suara
5
1
1
Kegagalan adalah Fase Perjalanan Hidup Manusia
lady  anggrek
lady anggrek
13 November 2019 | 1 hari lalu

Kegagalan adalah Fase Perjalanan Hidup Manusia

Bagaimana kabarmu kini? Kawan-kawan yang sedang merasakan dan pernah mengalami kegagalan dalam kehidupan. Kita adalah manusia yang miliki kekurangan d

Humaniora
31
1
1
Raden Adil
Raden Adil
13 November 2019 | 2 hari lalu

Umur Ke-20, Saatnya Menjadi Dewasa

Saat gue masih remaja --di bawah 20 tahun--- gue masih dibatasi oleh apapun. Ngga boleh ini, ngga boleh itu, ngga boleh nonton ini, ngga boleh nonton

Humaniora
22
1
1
Stigma, Glorifikasi, dan Self-Diagnosis
Edgar Pontoh
Edgar Pontoh
11 November 2019 | 3 hari lalu

Stigma, Glorifikasi, dan Self-Diagnosis

Masih ada stigma yang berpikir bahwa depresi hanyalah masalah mood buruk yang bisa dihilangkan dengan banyak bergaul, mendengar musik-musik ceria atau

Humaniora
410
6
2
Menolak Pikun, Apa kabar Penusukan Wiranto
Firza Maulana
Firza Maulana
11 November 2019 | 4 hari lalu

Menolak Pikun, Apa kabar Penusukan Wiranto

Menolak pikun, apa kabar tersangka penusuk wiranto? Penusukan menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan jenderal TNI (purn) Wiranto saat b

Humaniora
94
6
2
Amsal
Amsal
10 November 2019 | 5 hari lalu

Industri Pertambangan dan Investasi Asing

"INDUSTRI PERTAMBANGAN DAN INVESTASI ASING"Sektor pertambangan merupakan suatu sektor yang sangat menjanjikan di Indonesia. Sektor pertambangan merupa

Ekonomi
57
6
2
Fathan Winarto
Fathan Winarto
09 November 2019 | 6 hari lalu

Pengen Belajar Sejarah Nih, tapi...

Manusia memang diciptakan dengan selera yang berbeda beda. Membuat kita punya beragam pendapat tentang hal mana yang kita sukai lebih, atau lebih tida

Humaniora
33
6
2
Syaiful Mansyur
Syaiful Mansyur
09 November 2019 | 6 hari lalu

Modifikasi atau Inovasi Kemendikbud?

Lima tahun berpisah, kini disatukan kembali. Hal ini terjadi pada Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang kembali memegang hak penuh atau kekuasaan

Politik
99
6
2
Dosen Mulai Mengancam, Pertanda Ia Gagal Meyakinkan.
Firza Maulana
Firza Maulana
08 November 2019 | 1 minggu lalu

Dosen Mulai Mengancam, Pertanda Ia Gagal Meyakinkan.

Kualitas dosen jenjang pendidikan strata 2 dalam penyampaian setiap teori masih bisa dipertanyakan mahasiswa, mengapa?Mengingat saat pertemuan belajar

Humaniora
243
2
2
Claudia Larassati
Claudia Larassati
06 November 2019 | 1 minggu lalu

Dinamika Gender dalam Dunia Milenial

Jender merupakan istilah yang seringkali kita dengar. Jender kerap kali dikaitkan dengan pendikotomian antara perempuan dan laki-laki. Namun, apakah k

Humaniora
193
2
2
"Radikalisme" Prof. Mahfud MD, Kurang Update Fakta
Firza Maulana
Firza Maulana
06 November 2019 | 1 minggu lalu

"Radikalisme" Prof. Mahfud MD, Kurang Update Fakta

"Ada anak kelas 5 SD, ga mau bareng temannya dengan lawan jenis karena bukan muhrim, masa anak kelas 5 sudah diajarkan yang begitu?Ini contoh yang har

Humaniora
94
2
2
Daffa Rizqi Prayudya
Daffa Rizqi Prayudya
05 November 2019 | 1 minggu lalu

Buah Tangan Penjajah: Mental Inlander

Banyak yang berteriak akan melemahnya nilai mata uang garuda, namun masih banyak yang malu dalam menggunakan produk domestik. Ketika hanya diam saat d

Humaniora
126
1
2
Infrastruktur Tidak Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Firza Maulana
Firza Maulana
05 November 2019 | 1 minggu lalu

Infrastruktur Tidak Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Membangun dengan kualitas rendah, tapi bagus secara kuantitas, padahal yang dibutuhkan kehidupan bangsa adalah pendidikan serta moral dan bentuk dari

Teknologi
168
1
2
Pemerintahan dengan Akal Pikiran, Bukan Penampilan
Firza Maulana
Firza Maulana
03 November 2019 | 1 minggu lalu

Pemerintahan dengan Akal Pikiran, Bukan Penampilan

Menteri Agama fachrul Razi akan melarang penguna cadar masuk ke instansi milik pemerintah.Makin jauh hari pemerintahan indonesia makin membuktikan tid

Politik
148
1
2
Durr Raya
Durr Raya
03 November 2019 | 1 minggu lalu

Berita Islam Radikal Lagi

 Ungkapan Mentri Agama Fachrul Razi tentang celana cingkrang dan cadar yang sempat membuat gaduh indonesia, bagaimana tidak, Fachrul Razi memang

Humaniora
30
1
2
Bersifat Konsisten, Apakah Perlu?
Keynesgara wenefri tanan
Keynesgara wenefri tanan
02 November 2019 | 1 minggu lalu

Bersifat Konsisten, Apakah Perlu?

 "Ingin sukses? Jadilah konsisten","konsisten adalah kunci sukses","tidak konsisten penyebab terbesar kegagalan". Itu beberapa kalimat yang berbe

Humaniora
122
1
2
Tuhan atau Allah?
Fathnan.id
Fathnan.id
01 November 2019 | 1 minggu lalu

Tuhan atau Allah?

Dalam beberapa keadaan memang kata "Allah" tidak bisa diganti dengan "Tuhan". Misalnya dalam wiridan. Pakailah "Allah Allah Allah". Akan bahaya sekali

Humaniora
346
1
2
Perjalanan Mulus Korupsi Masa Depan
Firza Maulana
Firza Maulana
31 Oktober 2019 | 2 minggu lalu

Perjalanan Mulus Korupsi Masa Depan

Dulu KPK diatas langit, para korupsi hendak menekatkan niatnya, ia memposisikan diri sebagai orang terlemah yang selalu membayangkan resiko dan kewasp

Politik
135
1
2
[Pangan 2019] Ciptakan Dunia Tanpa Kelaparan #ZEROHUNGERWORLD
jefri kaleb pinihas purba
jefri kaleb pinihas purba
30 Oktober 2019 | 2 minggu lalu

[Pangan 2019] Ciptakan Dunia Tanpa Kelaparan #ZEROHUNGERWORLD

Setiap tanggal 16 Oktober setiap tahunnya, dunia memperingati Hari Pangan Sedunia (World Food Day). Hari pangan merupakan satu hari yang didedikasikan

Humaniora
105
4
2