Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bermain dan Belajar di Jendela Alam Bandung

15 November 2019   06:00 Diperbarui: 15 November 2019   06:09 52 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bermain dan Belajar di Jendela Alam Bandung
Jendela Alam Bandung (Foto : Dok. Pribadi)

Mengajak anak bermain di mall tidak ada salahnya. Tapi sebaiknya diimbangi dengan mengajaknya bermain di alam terbuka. Banyak manfaat yang bisa dirasakan anak ketika bermain di alam.
Memang lebih merepotkan jika dibanding dengan bermain di mall atau wahana indoor. Seringkali orangtua enggan berpanas-ria, takut kulit menghitam, atau lelah mengejar dan mengikuti kemauan anak.

Namun, yakinlah anak lebih senang dan bahagia bermain di alam. Itu yang saya lihat dan rasakan ketika mengajak kedua anak saya (umur 8.5 dan 2.5 tahun) ke Jendela Alam yang berlokasi di daerah Lembang, Bandung (klik lokasi disini).

Mereka senang sekali bisa bebas berlari, menghirup udara segar, memegang, merasakan, dan melihat berbagai hewan dan tumbuhan.

Bermain dan belajar di Alam

Banyak aktivitas permainan edukasi di Jendela Alam. Pada waktu itu saya membeli tiket paket untuk anak yang meliputi tiket masuk, melukis keramik, naik kuda poni, berkebun, bermain trampolin, dan memberi makan hewan.

Melukis keramik, bagus untuk melatih motorik halus dan stimulasi pengenalan warna (Foto : Dok. Pribadi)
Melukis keramik, bagus untuk melatih motorik halus dan stimulasi pengenalan warna (Foto : Dok. Pribadi)
Diluar paket, kita bisa membeli secara terpisah tiketnya. Ada kereta mini, flying fox, memetik buah dan sayuran.

Semua aktivitas dan permainan menjadi menyenangkan, apalagi ditemani sejuk dan segarnya udara Lembang. Anak-anak riang, orangtua pun senang.

Stimulasi Tumbuh-Kembang Anak

Yang paling saya sukai dengan bermain di alam, anak lebih berani mencoba dan melakukan sesuatu. Tidak takut kotor dan bau.

Berkebun adalah salah satu yang disukai anak-anak. Dengan dibantu fasilitator dari Jendela Alam, anak mencoba menanam jagung.

Berkebun dengan menanam jagung (Foto : Dok. Pribadi)
Berkebun dengan menanam jagung (Foto : Dok. Pribadi)
Setelah itu bisa memberi makan hewan. Ada beragam hewan yang ada di Jendela Alam. Ada rusa, kelinci, marmut, sapi, kambing, ayam, burung, ular, iguana, bebek, dan angsa.

Semua hewan sehat, bersih, dan terawat. Anak-anak senang berkeliling mengunjungi satu per satu kandang hewan untuk memberinya makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x