Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Perpustakaan Nasional Terpilih 99 Finalis Top Inovasi Pelayan Publik 2022

13 Juni 2022   22:34 Diperbarui: 13 Juni 2022   23:17 1006
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                      Sumber foto : Kanal Youtube SINOVIK Kementerian PANRB

Pengantar

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 91 Tahun 2021 tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik menyebutkan bahwa "Inovasi pelayanan public adalah terobosan jenis pelayanan berupa gagasan/ide/ kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan publik Menpan RB mengadakan kegiatan Kompetensi Inovasi Pelayan Publik  (KIPP). KIPP tahun 2022 mengusung tema "Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital yang di Wujudkan dalam Inovasi Pelayanan Publik Menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Perpusnas dan Inovasi  

Dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan perpustakaan melalui penguatan budaya literasi, inovasi dan kretivitas dengan pemanfaatan perpustakaan bagi terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat, Perpustakaan Nasional telah melakukan berbagai upaya dan terobosan dalam memberikan pelayanan publik, diantaranya melalui inovasi dan kreativitas dalam mendukung pelayanan perpustakaan. Pada tahun 2022 ini Perpusnas ikut berpartispasi dalam kegiatan KIPP 2022. Inovasi pelayanan public yang diajukan oleh Perpusnas dalam KIPP 2022 yaitu SiGoblic (Sistem ISBN Go Public) menghadapi pandemi  dan Tanya Pustakawan.

Persyaratan untuk mengikuti SINOVIK yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Memenuhi seluruh kriteria inovasi
  2. Selaras dengan tema KIPP 2022
  3. Relevan dengan salah satu kelompok dan katagori inovasi
  4. Menggunakan judul yang menggambarkan inovasi dengan memperhatikan norma dan kepastian
  5. Telah diimplementasikan dalam 2 (dua) tahun bagi inovasi yang diajukan di katagori 1 dan 2 serta 1 (satu) tahun bagi inovasi yang diajukan di katagori 3. Usia implementasi dihitung mundur dari waktu penutupan pendaftaran KIPP 2022 sampai waktu dimulainya implementasi inovasi dengan melampirkan bukti dukungyang relevan dan valid
  6. Menyertakan surat keputusan pejabat yang berwenang apakah inovasi ini digagas oleh perseorangan atau tim
  7. Membuat video singkat yang berdurasi maksimal 3 menit yang menggambarkan inovasi dan disimpan di kanal youtube. Untuk link video dimaksud disertakan dalam proposal

Final KIPP 2022

Portal Web Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  pada tanggal 13 Juni 2022 memberitakan tentang Pengumuman Finalis TOP Inovasi Pelayanan Publik Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022.

Tim Panael Independen (TPI) telah melakukan siding pleno pada tanggal 13 Juni 2022 untuk  menentukan Finalis Top inovasi  berdasarkan nominasi Finalis Top  Inovasi Pelayanan Publik  Tahun 2022 sesuai dengan Pengumuman Ketua Tim Sekretariat KIPP 2022 Nomor  B/248/PP.00.05/2022 tanggal 2 Juni 2022.

Perpustakaan Nasional melalui Inovasi  SiGoblic (Sistem ISBN Go Public) menghadapi pandemi merupakan salah satu Inovasi yang lolos masuk daftar Finalis Top Inovasi Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan  Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah  Tahun 2022. Berikut 7 Inovasi Pelayanan Publik di Lengkungan Lembaga

  1. Gerakan mengawal pertumbuhan usaha rakyat Jawa Timur (Badan Pengawas Obat dan Makanan
  2. Pangan aman untuk Indonesia dengan Rumah Si-RiPO (InformaSI Registrasi Pangan Olahan (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
  3. Integrated Collection System: Solusi pengumpulan data multi moda terintegrasi (Badan Pusat Statistik)
  4. ELSA (E-Layanan Sains) -- (Badan Riset dan Inovasi Nasional
  5. Telekkonsultasi, upaya perluasan akses pelayanan Kesehatan bagi peserta program jaminan Kesehatan nasional (Program JKN) pada masa pandemic Covid-19 (BPJS)
  6. Peningkatan ketahanan UMK dan PDN dengan Toko Daring (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)
  7. SiGoblic (Sistem ISBN Go Public) menghadapi pandemi

Dokpri : Pembahasan persiapan Sinovik Perpusnas
Dokpri : Pembahasan persiapan Sinovik Perpusnas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun