Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

AS Terlambat Memerangi Covid-19 Gara-gara Bermain Politik

31 Maret 2020   20:15 Diperbarui: 1 April 2020   09:25 4101 9 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
AS Terlambat Memerangi Covid-19 Gara-gara Bermain Politik
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melihat proposal paket kebijakan pelepasan dana darurat 2,2 triliun dollar AS, disaksikan dari kanan ke kiri Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, Pemimpin Minoritas DPR AS Kevin McCarthy, dan Wakil Presiden MIke Pence untuk memerangi virus corona di Gedung Putih, Washington, pada 27 Maret 2020.(REUTERS/JONATHAN ERNST)

Sumber: theguardian.com
Sumber: theguardian.com
Dalam tweet 16 Maret lalu , Donald Trump menghidupkan kembali istilah "Chinese Virus," untuk patogen yang dikenal dengan 'coronavirus' yang sering digunakan oleh dirinya sebelumnya.

Sumber: theatlantic.com
Sumber: theatlantic.com
"AS akan sangat mendukung industri-industri tersebut, seperti Airlines dan lainnya, yang secara khusus dipengaruhi oleh Virus China. Kita akan lebih kuat dari sebelumnya!"

Pada presentasi pers tentang virus dan penyakit, Trump ditanya mengapa ia menggunakan istilah 'Chinese Virus" --- mengingat tanggapan masyarakat dan pemerintah yang pahit yang ditimbulkannya di Tiongkok, dan laporan terbaru tentang reaksi rasis anti-Chinese di AS.

Misalnya, Twitter yang dibaca secara luas dari Jiayang Fan, seorang penulis untuk New Yorker, seperti di bawah ini.

Sumber: theatlantic.com
Sumber: theatlantic.com
"Saat saya pergi untuk membuang sampah. Sedang berbicara di telepon dengan bahasa Chinese. Seorang lelaki berjalan di trotoar & untuk menjaga jarak sosial, saya berkata, "maaf, silakan." "SIALAN Chinese," teriaknya cukup keras sehingga aku bisa mendengar suaranya di telepon. Aku menoleh untuk menatapnya untuk memastikan aku tidak salah dengar." Twit dari Jiayang Fan.

Pada konferensi pers hari itu, Cecilia Vega, dari ABC, menyebutkan kemungkinan reaksi rasis terhadap "Chinese Virus." Dia langsung bertanya kepada Trump, "Mengapa Anda terus menggunakan istilah ini?"

Trump menjawab: Karena itu berasal dari China. Itu sebabnya. Itu sama sekali bukan rasis. Saya ingin akurat. Saya sangat mencintai semua orang di negara kami. Tapi seperti yang Anda tahu, China mencoba mengatakan, bahwa itu disebabkan oleh tentara Amerika. Itu tidak bisa terjadi. Itu tidak akan terjadi. Selama saya presiden.

Penamaan demikian yang tidak bertanggung jawab ini, sebenarnya bukan suatu yang main-main. Jika dibiarkan akan membawa konskuensi bagi suatu bangsa yang berstigma dengan suatu virus, yang akan berakibat bangsa ini dianggap sebagai pembawa virus untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Marilah kita kembali pada sejarah nama-nama yang merendah suatu bangsa dengan nama suatu penyakit, misalnya sifilis disebut disebut "penyakit Prancis" oleh orang Italia pada abad ke-16, yang ditanggapi oleh orang Prancis dengan menyebutnya "penyakit Neapolitan/ the Neapolitan disease."

Namun beda dengan Tiongkok yang memiliki latar belakang peradaban dan sejarah 5000an tahun, ini akan menjadi suatu kepekaan akut untuk dikatakan sebagai sumber kotoran dan penyakit. Suatu yang akan menjadi penghinaan di mana saja. Yang membuat Tiogkok menjadi meradang marah.

Penamaan paralel yang kasar: Pikirkan stereotip pencemaran nama baik yang digunakan terhadap Afrika, atau Amerika Latin, atau Yahudi, atau kelompok lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x