Mohon tunggu...
Lusiana Roamer
Lusiana Roamer Mohon Tunggu... Guru

Hidup harus bermanfaat dan berguna untuk orang banyak. Berbuat ikhlas tanpa alasan..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Siapkah Pembelajaran Tatap Muka?

3 April 2021   22:24 Diperbarui: 3 April 2021   22:26 79 8 2 Mohon Tunggu...

"Bu... kapan sih saya sekolah ? Bosen belajar terus di rumah..." Itu salah satu keluhan dari sekian ribu bahkan sekian juta siswa yang karena pandemi harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pemerintah telah mengumumkan bahwa seluruh satuan pendidikan sudah boleh melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas mulai dari sekarang, sehingga pada bulan Juli 2021 semua satuan pendidikan sudah siap secara menyeluruh.. Menjelang kegiatan belajar tatap muka tersebut, semua satuan pendidikan harus mempersiapkan prosedur sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Targetnya selesai semua, sekolah sudah bisa melakukan tatap muka di bulan Juli 2021 ini untuk tahun pelajaran yang baru. Tapi sebelumnya sekolah wajib menyediakan PTM(Pembelajaran Tatap Muka) terbatas jika guru dan tenaga kependidikan telah divaksinasi. Saat ini sudah ada 22 persen sekolah di Tanah Air yang melakukan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) secara terbatas.

Pemerintah,telah melakukan akselerasi dengan mempercepat vaksinasi guru dan tenaga kependidikan dan juga fleksibilitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Prioritas dana BOS digunakan untuk melakukan Pembelajaran dan Tatap Muka terbatas. 

Ada beberapa hal yang harus dipahami ketika satuan pendidikan siap melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas :

1. Kondisi kelas

a. SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs, SD, MI dan program kesetaraan, jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 18 peserta didik per kelas 

b. SDLB, MILB, SMPLB, MTsLB dan SMLB, MALB jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima peserta didik per kelas 

c. PAUD jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima peserta didik per kelas

2. Pembagian jam pembelajaran

Untuk jumlah hari dan jam tatap muka ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan, dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN