Mohon tunggu...
Lucy Oktaviani
Lucy Oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Siber Asia

positive vibes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pergaulan Remaja Dalam Pembentukan Modal Sosial

14 Juli 2021   05:00 Diperbarui: 14 Juli 2021   05:00 80 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pergaulan Remaja Dalam Pembentukan Modal Sosial
timetoast.com

Manusia merupakan makhluk sosial, yang artinya manusia tidak bisa hidup sendiri dan butuh keberadaan orang lain. Pada awal kehidupan, manusia akan bersosialisasi pertama kali adalah bersama anggota keluarga mereka. Proses sosialisasi seseorang akan menentukan nilai-nilai serta karakter (social capital)ย yang akan tertanam didalam diri seseorang.ย 

Seiring berjalannya waktu seorang anak akan bertumbuh menjadi seorang remaja yang akan menjadi seseorang yang dewasa, namun di fase remaja seseorang pergaulan akan sangat berpengaruh pada perilaku seseorang yang juga akan sangat berpengaruh dalam pembentukan modal sosial (social capital) dalam diri seseorang.

Berbeda dengan sifat seseorang yang masih anak-anak yang dominan untuk mau diarahkan oleh orang tua, seorang remaja memiliki dorongan untuk lebih ingin tahu tentang dunia dan menjadikan mereka pribadi yang lebih berani di fase remaja mereka. Namun, walaupun memiliki keberanian, pada fase ini mereka masih labil dan belum mampu berfikir panjang. sehingga memungkinkan akan membawa mereka kepada modal sosial yang tidak baik, tetapi sebaliknya saat seseorang mampu memilih pergaulan mereka saat remaja, maka modal sosial yang terbentuk adalah modal sosial yang baik.

Modal sosial pada diri seseorang akan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia yang fungsinya akan mempengaruhi tujuan hidup dari diri manusia tersebut maupun tujuan dari organisasi mereka. sehingga, jika pada fase remaja yang sangat labil seorang remaja tidak menjaga pergaulan mereka maka otomatis pengaruh dari pergaulan tersebut akan mempengaruhi bagaimana modal sosial yang akan mereka miliki kelak. Dimana modal sosial tersebut dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya harapan dan tujuan dari diri seseorang.

Modal sosial yang akan terbentuk pada diri seseorang melalui sosialisasi terhadap keluarga, temann, serta organisasi ialah niali-nilai, nirma, kepercayaan, serta karakter diri seseorang yang akan mempengaruhi bagaimana seseorang akan mencapai tujuan dalam dirinya maupun tujuan dalam organisasi, serta bermasyarakat.

(Lucy oktaviani_mahasiswa uiversitas siber asia)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x