Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Jurnalis - Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist. email: Luanayunaneva@gmail.com ... youtube: Luana Yunaneva ... personal blog: www.jurnaluana.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan featured

Galau Pilih Kampus dan Jurusan Kuliah? Ikuti 7 Tips Berikut!

11 Januari 2021   23:35 Diperbarui: 15 Februari 2021   06:43 1160 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bingung saat pilih kampus (ilustrasi: Rencanamu)

Tidak terasa sudah lebih dari 10 hari berlalu dari awal tahun 2021, di mana banyak postingan resolusi tahun baru yang bertebaran di media sosial. Itu artinya, sudah saatnya kita beraksi, bukan sekadar beresolusi. Begitu juga dengan kamu yang sebentar lagi bakal jadi mahasiswa. 

Seberapa siap kamu siap melepaskan seragam putih abu-abumu beberapa bulan lagi? Atau mungkin ada sebagian dari diri kamu yang masih belum yakin dengan langkah kamu selanjutnya, seperti pilih kampus di mana, ambil jurusan apa, cari di dalam atau luar kota?

Nah, kali ini, aku punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat pilih kampus!

Pertama kamu harus tahu dulu jurusan apa yang ingin kami masuki.

Usahakan ketika kamu memilih jurusan itu adalah bidang yang kamu minati atau sukai sehingga nantinya ketika kamu udah masuk di bangku perkuliahan kamu bisa maksimal dalam menjalaninya.

Bisa juga kamu memilih jurusan kuliah berdasarkan cita-cita yang kamu impikan sejak kecil. Soalnya begini, sesuatu yang diimpikan terutama pada masa kecil berpotensi menancap hingga pikiran bawah sadar. Ada banyak kasus orang yang berusaha mewujudkan apa yang ia cita-citakan sejak kecil karena impian itu sudah tertanam di dalam pikiran bawah sadarnya.

Makanya tidak heran ketika dia sudah dewasa atau usianya mencukupi untuk masuk bangku perkuliahanan, dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan impiannya tadi.

Lalu usahakan untuk tidak memilih jurusan yang tidak kamu sukai atau karena terpaksa. kalau hal ini tetap kamu lakukan kalau hal ini tetap kamu lakukan, kamu pasti nggak akan enjoy menjalaninya. Kalau udah nggak enjoy udah nggak enjoy biasanya kuliah pun bakal ogah-ogahan, peluang bolos kuliah sangat besar, dan tugas-tugas kuliah bakal terbengkalai.

Kalau sudah begini ini, Coba bayangkan Sisi orang tua yang membiayai kuliah kamu. Mereka sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, apakah kamu tega? Makanya pilih jurusan sesuai hati nurani mu ya.

Kedua buat daftar kampus yang memiliki jurusan yang kamu butuhkan.

Tidak semua kampus memiliki jurusan yang lengkap. Misalnya kalau kamu mau masuk jurusan teknik, akan lebih bagus kalau kamu memilih institut. Sementara kalau kamu ingin menjadi guru, disarankan kamu memilih IKIP atau sekarang lebih dikenal dengan nama universitas negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan