Mohon tunggu...
Lovina Aeiniza Kinanti
Lovina Aeiniza Kinanti Mohon Tunggu... Lainnya - Travellers

43221010108 | Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M. Si.Ak | Fakultas Ekonomi Bisnis | Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Menggali Potensi Diri dan Menerapkan Berpikir Positif

25 September 2022   20:40 Diperbarui: 25 September 2022   20:47 221 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lovina Aeiniza Kinanti | 43221010108 | Matkul : PendidikanAnti Korupsi dan Etik UMB  | Dosen Pengampu :  Prof. Dr, Apollo, M.Si. Ak |  Prodi : Akuntansi | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS | UNIVERSITAS MERCU BUANA

Pentingnya Menggali Potensi Diri

Menggali Potensi Diri dari apa yang kita miliki memang tidak semudah yang kita pikirkan. Setiap manusia pasti memiliki Potensi diri yang berbeda-beda, tetapi banyak seeseorang yang tidak menyadari akan hal dan potensi diri tersebut.

Mengenali dan mengembangkan potensi diri sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap masa depan yang meliputi studi dan karir yang akan kita tempuh.

Meski begitu, mengenali potensi diri juga bukanlah hal yang mudah. Tak semua orang dapat mengenali potensi diri mereka sendiri meski telah berusia dewasa sekalipun. Beberapa orang justru membutuhkan orang lain untuk menemukan potensi-potensi diri mereka. beberapa hal ini bisa saja terjadi karena faktor-faktor seperti kurangnya kepercayaan diri dan keragu-raguan terhadap diri sendiri.

Kata Potensi berasal dari Bahasa Inggris "potencial" yang memiliki arti Kesanggupan, Kekuatan, dan Kemungkinan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi potensi  merupakan kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.

Secara Umum, Potensi diri dapat ditemukan atau digali melalui metode aktualisasi diri, Seseorang memerlukan penerimaan, empati, berfikir positif, dan pemahaman dari orang lain. 

Menurut Yunmah, Potensi bisa disebut Kekuatan, Energy, atau Kemampuan yang terpendam dan dimiliki atau belum dimanfaatkan secara optimal.  Potensi diri yang dimaksud disini suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat dan nilai-nilai yang terkandung dalam diri, tetapi belum dimanfaatkan dan diolah, ( Yunmah,2016).

Menurut Wiyono, Potensi diri yaitu kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam di dalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu yang nyata dalam diri tersebut, (Wiyono, 2006)

Menurut  Rachmawati & Setiaji, Potensi diri tidak akan muncul begitu saja tanpa dikenali dan dikembangkan, potensi diri seseorang berkaitan dengan proses dan hasil belajar baik yang akan berpengaruh dalam pemahaman diri yang berkaitan dengan prestasi yang hendak dicapai dalam hidup, ( Rachmawati & Setiaji, 2017).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan