Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Menilik Kandungan Gizi Daging Kurban

19 Juli 2021   21:12 Diperbarui: 20 Juli 2021   17:59 461 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menilik Kandungan Gizi Daging Kurban
ilustrasi daging sapi | sumber: Shutterstock/Ilia Nesolenyi

Takbir berkumandang. Iduladha sudah datang. 

Momen iduladha selalu mengingatkan saya pada perkenalan saya dengan kompasiana tujuh tahun yang lalu. Iya, sudah tujuh tahun sejak saya menuliskan "Ibadah Berkah, Kolesterol Tak Masalah."

Di lebaran haji kali ini pun saya masih tidak bosan untuk menuliskan tentang kurban dan kaitannya dengan kesehatan khususnya gizi. 

Sebagai pengingat, bagi yang lupa dan penebal ingatan bagi yang sudah tahu di luar kepala.

Berapa kalori dalam sepotong daging?

Kurban dan daging adalah hal yang tidak bisa dipisahkan karena definisi kurban dalam KBBI bermakna persembahan kepada Allah seperti biri-biri, sapi, unta yang di sembelih pada lebaran Haji sebagai wujud ketaatan muslim kepada-Nya. Di Indonesia, kambing dan sapi adalah hewan yang familiar dijadikan sebagai kurban.

Baca juga: Serba-serbi Daging Kurban

Dari sisi nilai gizi, daging sapi dan daging kambing tidak jauh berbeda. Hanya saja memang daging sapi lebih tinggi dari segi energi, lemak, dan protein. 

Pun daging merah seperti daging kambing dan sapi sudah terkenal karena kandungan mineral besi dan vitamin B-12 yang baik untuk sel-sel darah kita. Terlebih bagi remaja putri yang rentan mengalami anemia defisiensi besi. 

Dalam Ukuran Rumah Tangga (URT), satu potong sedang daging sapi (35 gram) dan satu potong sedang kambing (40 gram) dimasukkan dalam satu kategori yaitu lemak sedang yang masing-masing mengandung 75 kalori, 7 gram protein, dan 5 gram lemak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x