Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Bisnis

Rilis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Website: www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Pelajari 6 Langkah Penting dalam Market Research

9 Agustus 2021   07:55 Diperbarui: 11 Agustus 2021   19:48 550 48 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelajari 6 Langkah Penting dalam Market Research
Market research untuk mengetahui potensi pasar (Sumber foto Freepik.com)

Jika perusahaan kamu meluncurkan produk baru tanpa mempelajari potensi pasar, maka sama saja dengan berspekulasi, bisa saja produk itu dapat diserap pasar namun hasilnya tidak maksimal.

Daripada buru-buru meluncurkan produk baru dan hasilnya tidak maksimal atau malahan bisa gagal, mending sedikit bersabar meluangkan waktu untuk mempelajari potensi pasar dan perilaku konsumen.

Perusahaan-perusahaan besar sukses melakukan inovasi produk baru dengan menggunakan jasa konsultan riset dan pengembangan. 

Konsultan ini yang melakukan penelitian pasar secara menyeluruh, sehingga dapat dipergunakan untuk merancang produk, menentukan kemasan, membuat iklan hingga membuat tagline produk.

Market Research

Market research atau riset pasar adalah suatu proses dalam menentukan kelayakan suatu produk atau layanan yang ditujukan kepada para pelanggan potensial. 

Riset pasar bertujuan untuk menemukan sasaran pasar dan mendapatkan umpan balik mengenai produk atau layanan yang digunakan.

Riset pasar dapat dilakukan oleh internal organisasi atau eksternal organisasi menggunakan jasa konsultan. 

Riset pasar dapat berupa survei, wawancara, fokus grup dan observasi. Riset pasar merupakan bagian penting dalam proses Research and Development (R&D).

Aktivitas riset pasar meliputi pengumpulan informasi yang bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar, diferensiasi produk, bahan materi iklan dan menentukan fitur utama yang disukai pelanggan. Kemudian melakukan analisis dan mengolah data untuk menentukan keputusan yang relevan.

Market research berguna untuk mengetahui segmentasi pasar (sumber Freepik.com)
Market research berguna untuk mengetahui segmentasi pasar (sumber Freepik.com)

Pengumpulan informasi dapat menggunakan data primer dari internal perusahaan atau data sekunder dari eksternal yang dapat dipercaya. Data primer umumnya melalui dua kategori yaitu penelitian eksplorasi dan penelitian khusus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan