Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Fitur Artikel Utama

[Kebijakan Privasi 2022] Peniadaan Tanda Validasi/Centang Hijau

1 Desember 2022   14:22 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:27 9100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama ini, Kompasiana memberikan penanda kepada Kompasianer yang telah melengkapi data pengguna dengan pemberian ikon berupa centang berwarna hijau. Biasanya berada di sebelah kanan nama profil setiap pengguna.

Ketentuan pengisian data pengguna pun disesuaikan kemudian seturut dengan regulasi yang berlaku baik di Indonesia. Bahkan, sejak bulan Mei 2022 kami sudah memberlakukan proses pengajuan validasi profil tanpa perlu menyertakan foto identitas.

Menyambung kebijakan tersebut, mulai 5 Desember 2022 penanda akun tervalidasi (centang hijau) akan dihilangkan dari tiap atribusi profil pengguna dan website Kompasiana secara keseluruhan.

Kompasianer tetap dihimbau untuk melengkapi informasi diri (pemilik akun) sebagai bentuk dukungan dalam menjadikan Kompasiana sebagai ruang nyaman untuk semua dan membangun interaksi positif serta kebutuhan administratif terkait program Kompasiana.

Berikut adalah beberapa Q&A yang mungkin dapat Anda simak sehubungan hal ini:

Apakah setelah tanda Validasi (centang hijau) ditiadakan, data saya di Kompasiana ikut terhapus?
Tidak. Kompasiana tetap menyimpan data pengguna untuk berbagai kebutuhan program kerjasama dengan pengguna dan pengelolaan konten serta pendistribusian keuntungan yang diberikan Kompasiana kepada tiap penggunanya. Kami pastikan data yang telah dan akan tersimpan terjamin keamanan dan penggunaannya.

Lalu, apa dampak yang akan saya alami dengan adanya perubahan ini?
Penerapan ini tidak berdampak apapun. Tidak ada artikel yang hilang, tidak ada data yang hilang, dan risiko lain sejenisnya.

Apakah dengan demikian semua akun yang baru mendaftar di Kompasiana tidak perlu lagi melengkapi data?
Setiap akun tetap diimbau mengisi kelengkapan data untuk menikmati ragam layanan dan program Kompasiana serta membantu kami dalam menciptakan iklim interaksi yang positif.

Bagaimana dengan saya yang memiliki tanda Verified (centang biru)? Apakah tanda tersebut juga ditiadakan?
Tanda Verified (centang biru) tetap diberlakukan di Kompasiana dan diberikan kepada Kompasianer dengan kriteria tertentu [BEGINI KRITERIANYA].

Apa manfaat peniadaan tanda Validasi (centang hijau) ini?
Menegaskan bahwa setiap akun di Kompasiana berkewajiban mengisi kelengkapan data, seperti yang diterapkan di platform digital lainnya. Dengan pertimbangan ini, maka tanda Validasi (centang hijau) tidak lagi relevan/diperlukan.

Mohon tunggu...

Lihat Fitur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun